SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Tim Penggerakn PKK Nomor 42/Skr.PKK/Prov.R/I/2013 tentang pelaksana terbaik lomba kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, PHBS, dirumah Tangga, Lingkungan Bersih dan Sehat Tahun 2013, memutuskan Desa Buatan II, kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak berhasil meraih juara I dalam lomba PKK KB Kesehatan untuk tingkat Provinsi Riau.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar yang dihubungi melalui telepoen selulernya mengatakan bahwa keberhasilan Kabupaten Siak sebagai juara Pertama pada lomba PKK-KB Kesehatan tingkat Provinsi Riau ini sebagai wujud keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh PKK dan semua pihak terkait program yang tepat.

''Keberhasilan ini menjadi cemeti bagi kita untuk tetap meningkatkan aktifitas dan gerak semua pihak, sehingga prestasi yang dicapai dapat dipertahankan dan semakin ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang. Kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi sampai terwujudnya prestasi ini kita sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya.

PKK dinilai telah berhasil aktif melakukan pembinaan dan penyuluhan pada masyarakat dan ibu-ibu anggota dengan harapan hasil pembinaan dan penyuluhan tersebut dibawa dan diterapkan oleh ibu-ibu di keluarganya masing-masing. Sehingga ibu sebagai pendamping suami dapat berperan lebih optimal dalam ikut mewujudkan keluarga yang sehat dan berketahanan.

Dengan demikian fungsi dan peran TP PKK dalam menciptakan keluarga yang sehat dan berketahanan sangat besar mengingat kedudukannya yang sangat strategis. Karena TP PKK menjadi motor penggerak sekaligus motivator, dinamisator dan fasilitator kegiatan.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Siak H Arfan Usman mengatakan, tahun lalu Siak juga berhasil memperoleh juara pertama pada lomba PKK KB Kesehatan yang diwakili oleh Desa Kayu Ara Permai kecamatan Sungai Apit, dan Juara kedua pada lomba PHBS Tingkat Provinsi Riau, yang diwakili oleh Desa Maredan Barat Kecamatan Tualang.

Hal ini menandakan keberhasilan terhadap pembinaan kepada kader-kader PKK ataupun masyarakat di desa, kemudian peran pemerintah Kabupaten Siak yang terus memberikan dukungan.

Dengan kemenangan ini akan lebih merangsang dan memotivasi kegiatan Kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan semakin maju dan berkembang. Sedangkan Lomba ini sendiri untuk meningkatkan mobilitas kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan, sehingga berbagai program PKK dan KB bisa berjalan optimal guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk kategori kabupaten Juara I Desa Buatan II Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak, Juara II Desa Meranti Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, untuk Kategori Kota Juara I dari kelurahan Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai, Juarai II dari Kelurahan Kampung Bandar Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Sedangkan Lomba Pelaksana Terbaik PHBS di rumah tangga untuk kategori kabupaten sebagai juara I diraih Desa Selat Baru kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis, Juara II Desa Merangkai kecamatan Dayun Kabupaten Siak, dan untuk kategori kota juara I diraih Kelurahan Kampong Baru Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru.

Sementara itu lomba pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat untuk kategori kota sebagai juara I diraih Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru dan Juara II diraih oleh Kelurahan Bukit Datuk Kecamata Dumai Selatan Kota Dumai. Juara I dari masing-masing lomba diusulkan untuk mewakili Provinsi Riau pada lomba di Tingkat Pusat. (sks)