PEKANBARU - Usai melaksanakan pertemuan membahas penyeberangan RoRo Dumai - Malaka, antara Delegasi Indonesia dan Delegasi Malaysia di Kota Dumai, Riau, Kamis (14/11/2019) kedua delegasi meninjau Pelabuhan Penyeberangan RoRo Bandar Sri Junjungan Dumai.

Delegasi Malaysia yang diwakili Timbalan Setiausaha Bahagian Maritim Malaysia, Siva Sangar Krishnan mengatakan kepada GoRiau.com, pelabuhan roro yang ada di Dumai sudah memadai dan paling siap untuk pengoperasian RoRo Dumai - Malaka.

"Saat ini kita memiliki waktu 11 bulan untuk mempersiapkan fasilitas dan regulasi yang mengatur untuk kebutuhan operasional RoRo Dumai - Malaka. Kita targetkan 2020, sudah bisa beroperasi," kata Siva, Jumat (15/11/2019).

Untuk kesiapan Pelabuhan Tanjung Bruas Malaka sudah mencapai sekitar 75 persen, dikatakan Siva. Saat ini pihak operator pelabuhan Tanjung Bruas sedang mempersiapkan infrastruktur pendukung lainnya.

"RoRo Dumai - Malaka merupakan salah satu proyek yang diusulkan dalam Maritime Transport Working Group (MTWG) dan salah satu proyek prioritas dalam The Master Plan on ASEAN Connectivity dan Brunei Action Plan. Pelayanan RoRo Dumai-Malaka juga merupakan Pilot Project untuk ASEAN Single Shipping Market (ASSM)," ujar Siva.

Pihaknya, juga sedang mempersiapkan fasilitas untuk CIQ (Custom, Immigration, and Quarantine). Baginya ini merupakan sebuah proyek people to people yang menjadi prioritas di ASEAN.

"Untuk CIQ juga sudah diselaraskan dengan Pemerintah Indonesia dan Riau. MoU yang ditandatangani nanti juga mencakup keseluruhan kesepakatan antara Indonesia dan Malaysia," jelasnya.

Pada pertemuan ini dihadiri stakeholders di bidang pelayaran kedua negara, yakni Indonesia dan Malaysia, masing-masing diwakili oleh instansi pemerintah yang menangani transportasi laut, imigrasi, bea cukai, karantina, kepolisian, pemerintah daerah, otoritas pelabuhan dan para operator kapal dari kedua negara.

Adapun delegasi dari Indonesia dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Direktorat Perhubungan Laut Capt Wisnu Handoko, Walikota Dumai Zulkifli AS, Kepala Dishub Riau Ir H M Taufiq OH MT, Kepala Dishub Dumai Asnar. ***