SIAK - Peningkatan Jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) di Kabupaten Siak yang hampir merata seluruh kecamatan, menarik perhatian Dekranasda untuk kembali mendonasikan keuntungan penjualan produknya lewat program Dekranasda Berbagi, dalam bentuk bantuan masker dan sembako.

Organisasi yang menjadi wadah para pengrajin serta pengusaha kerajinan di Kabupaten Siak itu, kembali menyalurkan bantuan sejumlah 800 masker BC-19 untuk membantu para ODP.

Masker BC-19 yang diproduksi bersama para penjahit di Kabupaten Siak ini sebagai kelanjutan dari aksi serupa beberapa hari sebelumnya dengan membagi-bagikan 500 masker BC-19 kepada masyarakat.

"Tadi kita berikan secara simbolis kepada Bupati Siak Alfedri, disaksikan Asisten Pemkesra Budhi Yuwono dan Kepala Dinas Kesehatan Tony Chandra di Kediaman Bupati Siak," kata Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasideh di Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura, Kamis (2/4/2020).

Kata Rasidah, untuk pembuatan Masker BC-19 ini para penjahit di Kecamatan Siak dan Tualang menggunakan bahan dasar berupa kain. Kain ini disediakan dari pengurus dekranasda.

"Pembuatannya InsyaAllah sesuai dengan standar kesehatan dan prosesnya melalui tahapan sterilisasi. Maskernya bisa dicuci, dan diselipkan lipatan tisu didalamnya sebelum dipergunakan kembali,” kata Rasidah usai penyerahan.

Beberapa waktu kedepan, pihaknya akan terus bekerjasama dengan para penjahit relawan untuk memproduksi masker BC-19 tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, hingga tercapainya target bantuan 10 ribu masker BC-19 untuk masyarakat Negeri Istana.

“Sampai sekarang kami tetap memproduksi masker BC-19 ini untuk masyarakat yang membutuhkan. Semoga Allah memudahkan para relawan agar target produksi 10 ribu masker tersebut bias terpenuhi,” harap Rasidah.

Bupati Siak, Alfedri dalam kesempatan itu mengatakan apa yang Dekranasda berikan bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kita para ODP yang harus menjalani masa isolasi mandiri selama 14 hari.

"Untuk itu ucapan terimakasih saya sampaikan kepada para penjahit dan ibu-ibu para pengurus yang sudah membantu,” kata Bupati Siak. (adv)