TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melakukan rapat koordinasi dengan perusahaan yang beroperasi di Kuansing, Selasa (15/6/2021). Dikumpulkannya perusahaan ini berkaitan dengan program percepatan vaksinasi karyawan yang merupakan program pemerintah pusat.

Menurut Agusmandar, juru bicara Covid-19 Kuansing yang juga Plh Sekda Kuansing, dari sekian banyak perusahaan, baru PT RAPP yang menjalankan program tersebut.

"Baru PT RAPP yang telah melakukan vaksinasi terhadap karyawan, ada 1.800 orang yang telah divaksin," ujar Agusmandar, Rabu (16/6/2021) di Telukkuantan.

Di Kuansing terdapat puluhan perusahaan. Untuk vaksinasi gotong royong ini, lanjut Agusmandar, target vaksinasi yang harus dipenuhi perusahaan sebanyak 15.000 karyawan. "Itu harus dipenuhi perusahaan di luar program pemerintah," katanya.

Pada program vaksinasi gotong royong ini, perusahaan harus membeli vaksin sinopharm dari Biofarma. Pada umumnya, perusahaan di Kuansing sudah mengajukan pembelian vaksin ke Biofarma. Hanya saja, belum ada yang tembus, kecuali PT RAPP.

"Alurnya, perusahaan membeli vaksin ke Biofarma melalui pengusulan Kadin, setelah dapat, perusahaan bekerjasama dengan klinik atau rumah sakit. Hanya saja, masalahnya adalah vaksin sinopharm ini terbatas," papar Agusmandar.

Persoalan ini, lanjut Agusmandar, akan disampaikan ke Pemprov Riau agar bisa ditindaklanjuti ke pemerintah pusat. Pada dasarnya, perusahaan di Kuansing ikut mensukseskan program vaksinasi gotong royong.

"Intinya, Pemkab Kuansing akan memfasilitasi persoalan ini, sehingga proram vaksinasi gotong royong bisa terlaksana dengan cepat dan herd immunity semakin kuat," tutup Agusmandar.***