SELATPANJANG - Satu persatu fasilitas pendukung kinerja diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Baru ini, BPBD Riau membantu satu unit lengkap drone ke BPBD Kepulauan Meranti.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal SE MH mengatakan bantuan drone itu baru saja diterima, Kamis (24/11/2016). Bantuan itu diserahkan Kalaksa BPBD Riau H Edwar Sanger melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Drs Kamaruzaman.

Baca Juga: Ngeri, Anggota BPBD Meranti Nyaris Hilang saat Padamkan Kebakaran di Ladang Hantu Desa Sonde

"Alhamdulillah kita dapat bantuan drone dari BPBD Riau. Semoga dengan ini lebih memaksimalkan kinerja kita," ujar M Edy Afrizal.

Baca Juga: Alhamdulillah, BPBD Meranti Terima Sejumlah Peralatan Kedaruratan dari BNPB RI

Sementara itu, kata Kamaruzaman, selain membantu drone lengkap dengan monitor, BPBD Kepulaian Meranti juga mendapat satu unit laptop. Ia berharap bantuan tersebut bisa dipergunakan sebaik mungkin agar dapat mendukung operasional BPBD dalam penanggulangan bencana di daerah masing-masing.

"Terkadang dalam mencari lokasi-lokasi kebakaran selalu terhalang, jadi dengan adanya drone ini membuat langkah agak panjang. Hal-hal yang ingin kita ketahui dapat dengan mudah," kata Kamaruzaman.

Drone ini, kata Kamaruzaman lagi, selain untuk memantau Karlahut, juga bisa digunakan untuk memantau titik banjir dan bencana alam maupun kejadian lainnya.

Sementara itu, untuk di Provinsi Riau, diakui Kamaruzaman baru empat kabupaten yang BPBD nya dilengkapi dilengkapi drone. Diantaranya, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Pelalawan, dan Kepulauan Meranti. "Baru empat kabupaten yang kita distribusikan," aku Kamaruzaman.

Sertah terima drone ini ditandatangani langsung oleh Plt Kalaksa BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal SE MH dan Kabid Drs Kamaruzaman. Serah terima peminjaman drone itu berdasarkan surat dari BPBD Kabupaten Kepulauan Meranti nomor: 036/BPBD/XI/2016/106 tanggal 16 November 2016.

Adapun yang dibantu oleh BPBD Riau ke BPBD Kepulauan Meranti antara lain Pesawat UAV Copter merk Zegha type Zencopter x4 dan Hp Notebook type 11-f103TU. Masing-masing sebanyak 1 unit dengan kondisi cukup baik. ***#Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini