KOTO GASIB - Desa Sri Gemilang di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, diharapkan bisa menjadi sentra (penghasil terbesar) durian, khususnya durian montong di Provinsi Riau.

Harapan itu disampaikan Camat Koto Gasib Dicky dalam sambutannya pada acara penyerahan bibit durian montong dari Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada Kelompok Tani Tunas Mekar, di Desa Sri Gemilang, Senin (27/8/2018).

''Mudah-mudahan dalam beberapa tahun ke depan, Kampung Sri Gemilang bisa menjadi sentra durian montong di Provinsi Riau, bahkan di Sumatera,'' harap Dicky.

Dicky menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada pihak RAPP yang telah menunjukkan kepeduliannya dalam upaya meningkatkan penghasilan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Sri Gemilang.

''Bibit durian montong yang dibagikan RAPP hari ini, beberapa tahun ke depan sudah bisa dipanen buahnya. Hasil panen durian tersebut tentu saja akan meningkatkan penghasilan masyarakat. Karena itu kita mengucapkan terima kasih atas kepedulian RAPP ini,'' ujarnya.

Ratusan batang bibit durian montong untuk Kelompok Tani Tunas Mekar itu diserahkan perwakilan Stake Holder Relation (SHR) Manager RAPP Samsuriya M Hasyim dan Koordinator program IntegratedFarming System (IFS) Zamzuli Hidayat kepada Camat Koto Gasib Dicky disaksikan masyarakat kampung Sri Gemilang.

Sementara Penghulu Desa Sri Gemilang Eswandi Chandra, mengimbau masyarakatbersungguh-sungguh menanam dan merawat bibit durian montong yang dibagikan RAPP tersebut.

''Kalau ditanam dan dirawat dengan baik, tentu akan tumbuh dengan baik pula, sehingga nantinya bisa menghasilkan sesuai dengan diharapkan. Mudah-mudahan nanti bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat Sri Gemilang,'' kata Eswandi.

SHR Manager RAPP Samsuriya M Hasyim mengatakan, RAPP tidak hanya memberikan bantuan berupa bibit, tapi juga memberikan pelatihan kepada anggota Kelompok Tani Mekar Sari.

Dijelaskannya, pengadaan bibit durian montong ini sebelumnya sudahdidiskusikan masyarakat, lewat rembuk desa.

''Kami berharap masyarakat Kampung Sri Gemilang bisa menjadikan durianmontong sebagai sumber penghasilan, bahkan dapat menjadi sentra produksi durian,'' harapnya.

Turut hadir pada acara penyerahan bantuan bibit tersebut Koordinator CD Region Mill and Port RAPP, Gading Sahyoga dan CD Officer Buatan Port, Dahniar.***/ad