PEKANBARU - Dalam setahun terakhir, Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) berhasil menghimpun dana umat hampir Rp 10 miliar, baik melalui zakat, infaq, sedekah, maupun wakaf.

“Alhamdulillah, keberadaan YTWU sudah mulai dirasakan. Ini bisa kita lihat dari kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan wakafnya melalui yayasan ini,'' ujar Ketua YTWU, Ustadz Alnof Dinar saat Milad pertama YTWU, Ahad, (6/6/2021) di Harau. 

GoRiau Ustadz Abdul Somad saat menyer
Ustadz Abdul Somad saat menyerahkan zakat dari Yayasan Tabung Wakaf Umat.

Selama satu tahun berkiprah, tidak kurang 16 program yang sudah dibuat YTWU baik dalam bidang pendidikan, sosial, dakwah, kemanusiaan maupun ekonomi umat yang terangkum dalam program wakaf.

Dijelaskan Alnof, wakaf yang yang diberikan jamaah itu yakni Wakaf Pembangunan Pesantren Nurul Azhar Rumbai. Wakaf Pembebasan Lahan Islamic Center. Wakaf Pembangunan Pesantren at-Tauhid Suku Talang Mamak. Wakaf Renovasi Rumah Qur'an Nurul Azhar. Wakaf Mushaf Al-Qur'an. Wakaf Kitab, dan Wakaf produktif.

“Kita juga telah menjalankan program sedekah bagi pesantren, dhuafa dan fakir miskin, yakni sedekah beras melalui program yang kita sebut Program SPBU,” ujar alumni Al Azhar Mesir ini sambil menjelaskan bahwa SPBU itu singkatan dari Sedekah Pangan Bersama Ustadz Abdul Somad.

Alnof menjelaskan, program lain yang telah dijalankan di YTWU yakni, tebar hewan kurban bersama UAS, Maidatur Rahman Ramadhan, Infaq Paket lebaran untuk dhuafa lansia, Infaq Kafalah Guru Mengaji, Infaq Orang Tua Asuh Santri Penghafal Al-Qur'an, Infaq Khitan Ceria Peduli Umat, Infaq Perlengkapan Santri, dan Infaq Bedah Rumah Dhuafa. “Kita juga menerima zakat mal yang diamanahkan penyalurannya melalui YTWU.”

Di hari ulang tahun YTWU yang pertama ini, Ustadz Abdul Somad (UAS), Pendiri dan Pembina Yayasan, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus yayasan.

"Bulan Maret 2020 lockdown. April 2020 selama Ramadhan full di ruko. Menyampaikan kajian online di YouTube. Bulan Mei 2020 shalat Idul Fithri di halaman rumah. 06 Juni 2020 Halal bi halal. Numpang di Markaz Dakwah Nusaibah. 4 unsur berkumpul; Sahabat UAS, Alumni Al Azhar Mesir, alumni IAIN Susqo Riau 1996, dan Jama'ah inti. 35 orang bersama. Setelah satu tahun terkumpul dana hampir Rp 10 M dan 15 program berjalan. Allahu Akbar. Ini kekuatan jama'ah,” ujar UAS.

Sementara itu Tatang Yudiansyah, Pendiri dan Ketua Pembina YTWU, setelah rapat tahunan menyampaikan pesan kepada masyarakat. "Mohon selalu pantau, awasi, dan bantu kami dalam menjalankan dan mengelola dana umat di Yayasan Tabung Wakaf Umat ini". ***