TEMBILAHAN -Polres Indragiri Hilir (Inhil), Riau menggiatkan Patroli Blue Light untuk memelihara situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas) tetap terjaga.

Patroli malam hari ini, bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menjadi salah satu tugas pokok kepolisian.

Patroli yang dimulai pada Sabtu (8/1/2022) lalu, dengan rute Jalan M.Boya, Jalan Baharudin Yusuf, Jalan Swarna bumi, Jalan Soebrantas dan Jalan Telaga Biru, Kota Tembilahan.

Kabag Ops Polres Inhil, Kompol Rizki Hidayat melalui Paur Humas, Ipda Esra, Senin (10/1/2022) mengatakan, patroli blue light merupakan patroli rutin kepolisian yang dilakukan pada malam hari.

Patroli menggunakan mobil patroli dengan menyalakan sorot lampu rotator khas kepolisian yang berwana biru sebagai tanda hadirnya polisi di tengah-tengah masyarakat.

"Keberadaan polisi melaksanakan patroli mampu memberikan dampak pada situasi Kamtibmas, dapat mengurungkan niat pelaku kejahatan, mencegah terjadinya gangguan, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan beristirahat dengan tenang karena merasa aman terlindungi," ujarnya.

Ipda Esra mengatakan giat patroli blue light adalah wujud nyata upaya polri khususnya Polres Inhil memelihara Kamtibmas guna menciptakan situasi aman dan kondusif utamanya di wilayah Inhil.

"Kami langsung berinteraksi dengan masyarakat. Selain mengimbau menjaga Kamtibmas, kami juga memberikan imbauan mematuhi prokes 5M," ungkapnya.

Kegiatan patroli blue light diharapkan terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Dengan adanya patroli malam seperti ini keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) otomatis terwujud ditengah masyarakat," tandas Ipda Esra, kepada GoRiau.com.***