JAKARTA -- Sebuah kereta api menabrak pesawat latih jenis Cessna yang jatuh di rel kereta api di Los Angeles, Amerika Serikat, Ahad (9/1/2022). Akibatnya, pesawat itu hancur berkeping-keping.

Dikutip dari Tempo.co yang melansir Reuters, beruntung polisi berhasil menarik pilot keluar dari pesawat naas itu sebelum kereta menabraknya.

Dalam video yang diperoleh Reuters, beberapa petugas membebaskan pilot pria itu dari pesawat yang jatuh. Pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas di Pacoima. Petugas dan pilot hanya berjarak beberapa meter dari rel ketika kereta yang lewat menghancurkan pesawat.

''Pesawat itu gagal lepas landas dan mendarat di rel kereta api di persimpangan yang populer,'' kata Luis Jimenez, komposer musik berusia 21 tahun yang merekam video tersebut.

''Hanya beberapa detik sebelum tabrakan, petugas polisi menyelamatkan pilot, dan sepotong puing hampir menabrak saya.''

Pilot dirawat karena luka dan memar, namun kondisinya stabil, menurut media setempat. Menurut media lokal, tidak ada seorang pun di kereta yang terluka.

Rekaman video yang diposting di Twitter oleh Departemen Kepolisian Los Angeles menunjukkan bahwa rekaman bodycam petugas menarik pilot yang berdarah dari pesawat.

Departemen Kepolisian memuji para perwiranya. Dalam cuitannya polisi menyatakan, anggotanya berhasil menunjukkan kepahlawanan dan tindakan cepat dengan menyelamatkan nyawa seorang pilot yang mendarat darurat di rel kereta api.***