RENGAT, GORIAU.COM - Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali menghantui warga Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), teruama di Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida. Sejak sepekan terakhir, ditemukan 3 warg yang terinfeksi kasus DBD.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu, H. Suhardi ketik dikonfirmasi, Kamis (24/9/2014) mengatakan, sejak sepekan terakhir, kasus DBD di Inhu kian meningkat, hal ini disebabkan akibat kondisi cuaca yang tidak stabil, seperti cura hujan yang tinggi serta lingkungan masyarakat yang tidak bersih.


"Kita sudah mengkoscek langsung kedaerah itu dan sudah dilakukan tindakan medis dan dilapangan, yaitu dengan melakukan foging dan pemberian abate pada sumber air serta lingkungan masyarakat", ujar Suhardi.


Selain itu lanjutnya, saat ini kita juga sedang melaksanakan sosialissi terhadap masyarakat dari rumah kerumah serta melalui lurah setempat dan menjadikan kelurahan siaga aktif.


Selain itu, sosialisasi tersebut juga dilakukan di kantor camat Seberida yang diikuti oleh Camat, Bidan, Kades, Lurah dan Kepala Puskesmas se Kecamatan Seberida.


Dengan demikian, kita menghimbau agar masyarakat dapat waspada menghadapi musim hujan ini, serta waspada dan selalu bembersihkan lingkungan tempat tinggal.


"Kedepan kita merencanakan kegiatan gotoroyong bersama dengan masyarakat. Penanganan secaras medis itu penting, namu yang utama adalah pencegahan dengan membersihkan lingkungan tenpat tinggal", tandasnya.(jef)