PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pengurus Nasional Paralympic Comite (NPC) Kabupaten Rohul, Jumat (21/11/2014) pagi mengunjungi Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Rambah, untuk melihat dan melakukan seleksi pelajar penyandang cacat yang berpotensi di bidang olahraga.

Dari kunjungan itu, Ketua NPC Rohul, Pius didampingi Sekretaris Ipong, diterima langsung Kepala Sekolah (Kepsek) SLBN Rambah, Palus. ''Ini dalam rangka mencari bibit-bibit olahragawan untuk mengikuti Pekan Paralympic Provinsi Riau (Peparpov) Riau,'' ujarnya.

Direncanakan pada Peparpov Riau Desember 2014, Rohul akan akan mengirim 50 atlet termasuk official dengan target bisa raih medali emas dan tiga besar se-Riau. ''Untuk bisa mencapai target itu, kita sudah lakukan seleksi terhadap para penyandang cacat, baik yang umum maupun pelajar untuk bisa disertakan diajang Peparpov Riau nantinya,'' ucap Pius.

Sementara itu Kepsek SLBN Rambah, Palus pihaknya termotivasi karena ada anak muridnya yang akan diikut kejuaraan. ''Sebelumnya, 2 pelajar kita berhasil meraih 4 medali emas, di Pekan Paralympic Daerah (Paperda),'' ujarnya.

Mereka yang pernah berprestasi itu adalah Daniel Saputra, penyandang tuna netra meraih dua medali emas pada atletik 60 meter dan lompat jauh. Termasuk Muhammad Sadam tuna daksa, berhasil meraih 2 medali emas untuk lari 100 meter dan lari 200 meter.

Bahkan kata Palus, dua atlet penyandang cacat pelajar SLBN Rambah, sebagai duta Riau diajang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) tahun 2016 di Jawa Barat. ''Kita harapkan, nama-nama pelajar kita yang berprestasi dibidang olahraga dan keberadaan NPC Rohul bisa menjadi motivator bangkitnya olahraga bagi penyandang cacat di Rohul,'' pungkas Palus. (ram)