BENGKALIS, GORIAU.COM - Cabang olahraga Kempo Porprov Riau 2014 mulai dipertandingkan di Auditorium Akkes Provinsi Riau di Pematang Reba, Senin (20/10/2014).

Pada hari pertama mempertandingkan beberapa kelas dari 24 nomor yang diperebutkan, diantaranya Randori kelas 54 kg putri, Randori kelas 51 kg putri, Randori 48 kg putri, Randori kelas 45 kg puteri , Randori kelas 60 kg dan di atas 60 kg putri, Randori kelas 60 kg putera, Randori kelas 70 kg putra, kelas lebih dari 70kg  putra dan Randori kelas 65 kg putera, sementara pada siang hingga sore mempertandingkan kategori embu beregu.

Pelatih Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Kabupaten Bengkalis, Syamsul Bahri mengungkapkan bahwa Bengkalis mengikuti hampir semua nomor yang dipertandingkan.

"Kita menurunkan atlet pada Porprov 2014 di 23 nomor dari 24 yang dipertandingkan. Sebenarnya full team sebanyak 24 nomor kita ikuti, namun ada salah seorang atlet kita yang sedang mengalami sakit DBD di Bengkalis, sehingga tidak bisa turun ke Rengat," ungkap Syamsul ditemui di sela-sela pertandingan.

Pada pertandingan putaran pertama, atlet Bengkalis sebagian besar menunjukkan hasil yang memuaskan dengan melangkah ke babak selanjutnya.

"Alhamdulillah pada pertandingan perdana tadi pagi beberapa atlet kita mempersempahkan hasil yang memuaskan, unggul pada beberapa kelas," katanya.

Diantaranya Novita Sari yang turun pada Kelas 45 Kg Randori Puteri menang melawan Raviga Defi Netri dari Kuansing, kemudian Siti Kholijah di Kelas di atas 60 kg Randori Putri, Siti Rahayu pada kelas 54 kg Randori putri, Suci Mega dari nomor Randori kelas 48 kg  dan beberapa nama lainnya tampil gemilang.

"Pertandingan cabor kempo akan berlangsung lima hari ke depan. Seperti yang kita targetkan, kita berharap bisa meraih 12 medali emas dari 24 nomor yang dipertandingkan," harap Syamsul.

Kempo Bengkalis cukup disegani di Riau mengingat prestasi yang telah diukir cabang ini dengan beberapa kali meraih juara umum, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Belum lama ini pada Kejurnas Kempo di Bogor, Jawa Barat atlet kempo Bengkalis berhasil meraih juara umum dengan mengalahkan 50 kabupaten / kota se-Indonesia. (jfk)