PANGKALAN KERINCI -Bupati Pelalawan, H Zukri mengungkapkan, pihak perusahaan telah menyetujui untuk memberikan lahan seluas tiga hektare untuk lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) baru di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Lahan tersebut merupakan kebun kelapa sawit PT Inti Indosawit Subur (IIS) yang berlokasi di belakang Rumah Sakit (RS) Efarina, Pangkalan Kerinci.

Kesediaan perusahaan kelapa sawit ini menjadi kabar mengembirakan bagi perjuangan masyarakat yang dimotori oleh seluruh Kepala Lingkungan (Kaling) dan RT se Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Sebelumnya, para Kaling dan RT di Pangkalan Kerinci menggelar aksi unjuk rasa menyuarakan diadakan lahan TPU, hingga berujung kepada beberapa kali pertemuan dengan pihak perusahaan.

Tuntutan, pengadaan TPU ini, dilatarbelakangi oleh lahan perkuburan di Pangkalan Kerinci seluas 1,5 hektare yang hanya menyisakan beberapa titik makam saja.

Ditengah kebuntuan perjuangan panjang masyarakat Pangkalan Kerinci terdadap tuntutan lahan TPU membuat Bupati Zukri turun tangan hingga akhirnya pihak perusahaan menyetujui untuk lahan TPU seluas tiga hektare.

"Alhamdulillah, manajemen PT IIS menyetujui dan memberikan lahan kebun sawit milik mereka seluas tiga hektar, untuk pengadaan TPU bagi masyarakat khususnya, di Pangkalan Kerinci," terang Bupati Zukri, kemarin.

Ia menyampaikan apresiasi kepada pihak perusahaan terlebih lagi kondisi hari ini lahan pemakaman di TPU Pangkalan Kerinci hanya menyisakan beberapa titik makam saja.

"Ini tentunya, patut kita syukuri dan kita ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada manajemen perusahaan, PT Inti Indosawit Subur bersedia berikan 3 hektare," ucapnya.

Namun begitu, Pemda Pelalawan sudah mensiasati dengan mengalokasikan anggaran pada RAPBD tahun anggaran 2022 untuk pengadaan lahan TPU untuk mengantisipasi hal terburuk. Anggaran sebesar Rp 3 miliar dialokasikan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) sebesar 3 miliar.

"Namun pelaksanaannya akan menunggu hasil kesepakatan dengan PT Inti Indosawit Subur terkait dengan realisasi janji untuk menyediakan lahan TPU bagi warga Pangkalan Kerinci. Saat ini, kita terus berkomunikasi dengan manajemen perusahaan untuk segera merealisasikan lahan TPU dan hari ini mereka bersedia," tandas Bupati Zukri.***