BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir Riau H Suyatno didamping Dandim 0321 Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi, Ketua DPRD Maston, Herlina Samosir SH Kasi Pidsus Kejari Rohil, Senin (17/2/2020) meresmikan pemakaian jalan dan jembatan di kota terapung, Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Kedatangan Bupati dan Forkofinda Rohil disambut Camat Pasir Limau Kapas Yahya, Kapolsek Panipahan Iptu Zulmar SH, Dan Pos Babinsa Panipahan Serma Hery Kalman, Penghulu Panipahan Darat Syofyar SPdi, Penghulu Panipahan Edy Syahrial, Penghulu Pasir Limau Kapas Agus Salim dan Penghulu Teluk Pulai Mustofa Husin.

Jalan yang diresmikan adalah jalan yang dibangun dengan sistim Karya Bakti TNI-AD di Kepenghuluan Panipahan Darat. Jalan ini beberapa waktu lalu roboh (jatuh) ke laut akibat abrasi dan dibangun menggunakan APBD Rokan Hilir.

H Suyatno di hadapan masyarakat ''Kota Terapung'' Panipahan menyebutkan komitmen Pemkab tanggap dan mendengarkan aspirasi masyarakat. ''Hari ini saya bersama komandan Kodim 0321 meresmikan pemakaian jalan dan jembatan di Kota Panipahan yang dibangun oleh TNI dan masyarakat ini,'' sebutnya.

Menurut bupati Rohil, masyarakat hendaknya bersama-sama menyukseskan pembangunan dan menjaga apa yang selama ini dibangun Pemkab. ''Jalan dan jembatan ini akses penghubung antar kepenghuluan dan masyarakat tidak lagi terisolir,'' aku Suyatno.

H Abdurahman Yus Spdi, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Ummat Beragama) dan tokoh masyarakat Kecamatan Pasir Lumau Kapas yang didaulat memberikan kata sambutan di hadapan bupati memaparkan rasa syukur masyarakat atas pembangunan semenisasi jalan karya bakti TNI-AD dan jembatan yang selesai dibangun dengan APBD Rohil 2019 lalu.

Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada Pemda yang mempercayai Kodim untuk melakukan perbaikan. ''Terimakasih kepada seluruh personil Kodim, masyarakat dan semua pihak yang mendukung selesainya pekerjaan pembangunan jalan ini,'' ucap Dandim 0321.

Penghulu Panipahan Darat Syofyar SPdi saaat diminta komentarnya menyebutkan rasa terima kasih masyarakatnya atas diperbaikinya jalan yang roboh akibat abrasi beberapa waktu lalu dan pembangunan jembatan. ''Kini akses jalan sudah lancar, masyarakat tak terisolir lagi,'' jelasnya.

Panipahan merupakan ibukota Kecamatan Pasir Limau Kapas yang berada di daerah terluar Rokan Hilir Provinsi Riau. Kotanya berada di atas permukaan pantai dengan bangunan bertiang antara 2-3 meter (pelayaran) dan mayoritas penduduknya nelayan dan petani. ***