SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, menegaskan bahwa kepada keluarga maupun masyarakat setempat agar memperlakukan warga binaan yang telah bebas dengan sebaik mungkin. Selain itu, keluarga dan masyarakat juga diminta memberikan porsi lebih kepada sang napi.


Pernyataan itu dilontarkan Irwan usai menghadiri upacara pemberian remisi 17 Agustus 2014 di rumah tahanan cabang Bengkalis di Selatpanjang, Minggu (17/8/2014) siang.
"Kepada keluarga maupun masyarakat sekitar, perlakukanlah warga binaan yang sudah bebas dengan sebaik mungkin," kata Bupati saat diwawancarai wartawan.
Ditambah orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu lagi, selain memperlakukan dengan sebaik mungkin, pemberian porsi lebih di tengah kehidupan masyarakat banyak juga perlu dilakukan. Mengingat ketika napi ditahan, tambah Irwan pula, itu sudah pasti ada krisis sosial maupun psikologi. Dengan pemberian lebih itulah diharapkan para napi bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya di tengah masyarakat untuk melakukan hal-hal yang lebih baik.
"Beri mereka porsi lebih. Mungkin kemarin mereka khilaf sehingga membuat mereka ditahan. Tapi, ketika mereka sudah keluar, mereka berhak mendapatkan semua hak-hak seperti yang lain. Untuk itu, perlakukan mereka sebaik mungkin dan beri porsi lebih di tengah masyarakat," ujar Irwan lagi.(zal)