TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengimbau penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat melakukan penyembelihan hewan kurban. Hal ini diungkapkannya saat melaksanakan ibadah salat Ied Adha di Masjid Agung Al-huda Tembilahan, Jumat (31/7/2020) pagi.

Menurut Bupati, sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat melaksanakan pemotongan hewan kurban sebagaimana yang diatur dalam protokol kesehatan Covid-19 adalah penggunaan masker, pembatasan jarak dan menjaga disiplin kebersihan.

"Kepada masyarakat, khususnya kepada panitia kurban, penting untuk memerhatikan protokol kesehatan. Kita tidak ingin momen yang berbahagia ini menjadi momen penyebaran Covid-19 karena kita tidak menaati imbauan atau protokol kesehatan," pungkas Bupati.

Disamping itu, Bupati juga menyarankan agar pihak panitia penyelenggara kurban dapat mengantarkan langsung daging hewan kurban ke rumah masyarakat sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Inhil.

GoRiau

"Saya berharap kepada Camat dan Kepala Desa agar melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19 selama proses penyembelihan hewan kurban," tutur Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan, bahwa hari raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan sebutan hari raya haji merupakan momentum berbagi untuk sesama.

Terakhir, Bupati juga mengajak segenap masyarakat Kabupaten Inhil untuk senantiasa berdoa agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan kehidupan masyarakat dapat kembali berjalan normal.

Meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, salat Ied Adha berjamaah di Masjid Agung Al-huda berlangsung khidmat dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan Covid-19. (adv)