TELUKKUANTAN - Orang Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang sudah menjadi warga negara Malaysia diimbau untuk pulang kampung saat Festival Pacu Jalur Agustus 2019 mendatang.

"Kita sangat berharap, orang Kuansing yang sudah jadi warga negara Malaysia pulang saat pacu jalur. Kita tahu, banyak orang Kuansing yang merantau ke Malaysia dan menjadi warga negara jiran tersebut. Kalau mereka pulang, maka terhitung sebagai wisatawan mancanegara," ujar Mursini, Selasa (18/6/2019) pagi di Telukkuantan.

Dikatakan Mursini, salah satu faktor tidak masuknya pacu jalur pada 100 tujuan pariwisata nasional adalah karena tidak adanya wisatawan mancanegara. Padahal, pacu jalur merupakan budaya unik dan hanya ada di Kuansing.

Agar orang Kuansing yang sudah menjadi warga negara Malaysia pulang, Mursini mengaku sudah berkoordinasi dengan Konsulat Malaysia. Targetnya, orang Kuansing ber-pasport Malaysia akan ikut pacu jalur.

Ads
"Setidaknya ada bendera Malaysia di jalur saat Festival Pacu Jalur nanti. Kemaren kita minta, Malaysia mendatangkan atletnya untuk ikut pacu jalur. Kalau tak bisa semua, separoh pun jadi," papar Mursini.

Konsulat Malaysia, lanjut Mursini, bersedia untuk mengikutsertakan Malaysia pada pacu jalur mendatang.

"Mudah-mudahan hal ini terwujud," harap Mursini. Selain itu, Mursini juga mengajak orang Kuansing yang berada di negara tetangga, seperti Singapura dan Brunei untuk pulang saat pagelaran pacu jalur.***