PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan utama di Kota Pekanbaru, Riau, kebanjiran akibat hujan lebat yang mengguyur kota ini sejak sekitar pukul 04.00 hingga 05.30 WIB.

Di ruas Jalan HR Subrantas di kawasan Panam bahkan terdapat beberapa titik genangan air yang sangat dalam, di antaranya di Simpang Jalan Kutilang Sakti atau di depan Rumah Sakit (RS) Awal Bros, jembatan penyeberangan dekat Simpang Tabek Gadang dan jembatan penyeberangan atau depan Rumah Makan Mak Datuak.

Pantauan Goriau.com sekitar pukul 07.00 WIB, di jembatan penyeberangan dekat Simpang Tabek Gadang, genangan air yang dalam hanya terjadi pada satu jalur, sedangkan di depan RS Awal Bros dan RM Mak Datuak kedua ruas jalan tergenang air cukup dalam.

Ketinggian air di jalur cepat mencapai selutut orang dewasa, sedangkan di jalur lambat setinggi paha orang dewasa. Sehingga semua kendaraan, kecuali roda enam dan lebih, memilih melintas di jalur cepat.

Ads
Para pengendara, terutama pengendara sepeda motor, terlihat sangat berhati-hati melintas di jalan yang bagaikan sungai tersebut. Kendaraannya bergerak sangat pelan, agar air tidak menyembur kepada pengemudi kendaraan yang melintas di sebelahnya.

Namun demikian, ada pengemudi mobil yang terlihat tidak beretika, tetap melaju kencang, sehingga menyemburkan air ke pengemudi sepeda motor. Teriakan kemarahan pun terdengar keluar dari mulut pengendara sepeda motor yang tersembur air kotor tersebut.

Sejumlah pengendara sepeda motor terlihat mendorong kendaraannya, karena mesinnya mati, setelah knalpotnyo dipenuhi air dan busi motornya basah.

Sementara untuk mencegah kemacetan pada traffic light (lampu rambu lalu litas) di Simpang Tabek Gadang, polisi menutup jalan lurus arah ke Jalan Soekarno-Hatta, dengan mengarahkan pengendara berbelok ke Jalan SM Amin.***