DUMAI – Gubernur Riau Syamsuar mengatakan laut yang bebas dari pencemaran khususnya sampah sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas ikan, karena itu, Gubri mengajak semua pihak untuk dapat secara bersama-sama berkolaborasi melindungi laut dari sampah.

Hal itu disampaikannya saat pelaksanaan gerakan Bulan Cinta Laut (BCL) 2023 yang digelar di Kota Dumai, Sabtu (12/8/2023).

Hadir pada acara tersebut Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Yusuf SHut, MSi, Kadis Kelautan dan Perikanan T. Fauzan Tambusai serta Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Mamun Murod.

"Saya harapkan menjaga laut ini tidak hanya sampai di sini tapi terus digiatkan. Karena bila laut bebas dari pencemaran, ikannya juga pasti akan bagus kualitasnya dan jumlahnya juga semakin melimpah," ujar Gubri..

Gubernur Riau juga berharap adanya kolaborasi antara Dinas Kelautan dan Perikanan dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Semoga dinas kelautan dan perikanan bisa berkolaborasi dengan dinas lingkungan hidup dan kehutanan untuk menjaga laut kita ini agar tidak tercemar. Bila laut kita bersih, pasti ikannya juga akan melimpah," tutup Syamsuar.

Untuk diketahui, Bulan Cinta Laut (BCL) yang dicanangkan Menteri Kelautan dan Perikanan merupakan langkah inisiatif yang efektif dalam pengurangan sampah plastik di laut, terutama di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Inisiatif ini menunjukkan betapa pentingnya sinergi antar-instansi dalam menjaga kelestarian sumber daya alam kita. ***