PEKANBARU - Bazar ikan murah kali ini digelar Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Pekanbaru, dalam rangka Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan bertema 'Gemasatukata'. Di bazar ini, berbagai ikan segar seperti lele dan ikan mas, dan ikan serai, kko, caru, sarau, sisik, dan salai dijual dengan harga murah meriah.

Selain itu, ada berbagai olahan ikan seperti abon lele, nugget ikan, dan rendang lele yang siap dijual dalam kemasan praktis. Tidak luput berbagai jenis ikan hias seperti arwana, hilat api, ikan buntal dan lain-lain serta jagung manis muda dan telur juga meramaikan bazar ini, dengan harga 'terjun bebas'.

"Satu kilo jagung harganya Rp2000 saja, telur Rp35000," ujar salah satu penjual yang berpartisipasi.

Dari pantauan GoRiau.com, Rabu, (11/4/2018) perkilogramnya, ikan sisik Rp27.000, ikan serai Rp24.000, sarau Rp24.000, caru Rp18.000, sedangkan olahan ikan masing - masing seharga Rp20.000 saja.

Ads
Ketua panitia bazar Mumin Rifai menjelaskan acara ini bertujuan untuk mengendalikan mutu ikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sebagai sumber gizi yang baik. Hal ini juga untuk menepati Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang penyediaan pangan sehat untuk masyarakat, yang salah satu pengendalian mutu ikan.

"Bazar ini kita buat untuk mengajak masyarakat terutama, agar semakin gemar membeli dan mengkonsumsi ikan sebagai menu sehari-hari. Ini juga sebagai upaya kita untuk mewujudkan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 dimana salah satunya mengatakan tentang penyediaan pangan sehat," tuturnya.

Kemudian, Mumin menyatakan kegiatan bazar yang dilaksanakan selama dua hari, sampai Kamis (12/4) nanti, ikan - ikan dan produk olahannya dijual dengan harga murah karena dijual langsung kepada masyarakat oleh penyuplai.

"Harganya bisa sangat murah karena dia langsung di jual oleh penyuplai kepada masyarakat, tidak melalui perantara, jadi istilahnya harga ini adalah harga grosiran. Kita adakan selama dua hari, hari ini dan besok. Misalnya ikan lele yang dipasar berkisar 20 ribuan, disini kita jual Rp16.000 saja," ujarnya.

Bagi masyarakat yang tidak sempat membeli ikan murah hari ini, masih ada kesempatan besok dengan berbagai pilihan ikan berkualitas. Mumin juga menyatakakan acara ini masih berkelanjutan dengan berbagai acara lain sampai beberapa hari kedepan.

"Tema acara kita inikan 'Gemasatukata' terdiri dari rangkaian acara yang berkelanjutan. Untuk besok masih ada bazar ikan, dilanjutkan dengan mewarnai bagi anak-anak usia TK," tutupnya. ***