PEKANBARU, GORIAU.COM - Pihak keluarga almarhum H Tenas Effendy berharap agar buku 'Pemimpin Dalam Ungkapan Melayu' bisa bermanfaat bagi masyarakat Melayu dan bisa dijaga serta dipertahankan secara bersama-sama.

"Jika itu baik mohon dijaga dan dipertahankan, jika itu salah mohon dijauhkan agar tidak menimbulkan dosa, kata H Tengku Syamsu Said Alwi, perwakilan keluar Almarhum H Tenas Effendy, Balai Adat Lembaga Melayu Riau (LAMR) saat peluncuran buku 'Pemimpin Dalam Ungkapan Melayu', Jumat (10/4/2015).

Buku-buku yang diterbitkan almarhum, kata Syamsu, bukan rekapan data satu atau dua tahun yang dirangkum almarhum, tetapi bertahun-tahun. "Almarhum langsung turun ke kampung-kampung, mengumpulkan remah yang berserak-serak," ujarnya.

"Beliau mengumpulkannya dan merangkum menjadi sebuah buku atau makalah agar bermanfaat dan bisa dimanfaatkan orang banyak, termasuk anak, cucu dan cicit kita. Juga ingin mengangkat harkat dan martabat masyarakat Melayu," terang Syamsu.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR, Al Azhar, mengatakan, almarhum Tenas Effendy menyiapkan sudah cukup lama buku 'Pemimpin Dalam Ungkapan Melayu'.

"Dimana mulai dari tulisan, huruf, gami hingga kertas yang dipakai menjadi perhatian bagi beliau. Ini agar buku yang lahir ini menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi kita semua," ujar Al Azhar.

Dikatakannya, buku ini sebelumnya sudah pernah diterbitkan oleh Dewan Bahasa Kuala Lumpur. "Sudah dua kali terbit, untuk itu kali ini dalam Bahasa Indonesia," tukas Al Azhar.***