PEKANBARU - Untuk pertama kalinya, DPW Partai Nasdem melaksanakan perayaan ibadah natal bersama se-Provinsi Riau di Kantor DPW Nasdem Riau, Selasa sore (15/12/2020). Perayaan yang berlangsung khidmat dari sore hingga malam hari ini dihadiri sekitar 150 orang.

150 orang itu terdiri dari kader dan pada undangan, mulai pengurus DPW Nasdem Riau, perwakilan DPD Nasdem se-Riau, Anggota DPRD dari Nasdem, Ketua Gerakan Anak Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Riau, Roy Manurung, Ketua IKBR Pekanbaru, Fery Sandra Pardede serta perwakilan Ormas lainnya. Hadir pula, Komandan Nasional BARET Garda Pemuda NasDem, Januardy Siregar dari Jakarta.

Perayaan natal bersama Partai NasDem Riau diselenggarakan tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan covid 19, hal ini terlihat bahwa panitia menyediakan dan mengarahkan setiap undangan untuk cuci tangan terlebih dahulu, diukur suhu tubuh dan menggunakan masker serta tempat duduk diatur dengan jarak standar Covid-19.

Selain itu, panitia juga menyediakan masker bagi tamu yang tidak membawa masker atau membutuhkan masker, acara yang berjalan lancar juga mendapat pengamanan dari pihak kepolisian Polresta Pekanbaru dan Polsek Pekanbaru Kota.

Penyalaan lilin sendiri dipimpin oleh Pendeta Kadir Manulang,Sth, didampingi Ketua Panitia Chandra Ade Putra Simanjuntak, kemudian Dedi Harianto Lubis mewakili Ketua DPW Nasdem Riau, Roy Manurung mewakili Ormas Kristen, Januardy Siregar mewakili pimpinan sayap, Tiur Maida Silitonga mewakili DPD se-Riau dan Anggota DPRD Bengkalis, Mustar Ambarita yang mewakili anggota DPRD dari Nasdem.

GoRiau Penyalaan lilin oleh perwakila
Penyalaan lilin oleh perwakilan undangan.

Pendeta Kadir Manulang dalam penyampaian Firman Tuhan, mengungkapkan bahwa perayaan Natal merupakan bentuk masih adanya kebersamaan diantara kader Partai NasDem, apalagi ini yang pertama kali digelar Partai NasDem.

"Kabarnya, Nasdem juga menjadi partai yang pertama mengadakan Perayaan Natal di Riau," ujar Kadir.

Sementara itu, Ketua Panitia, Chandra Ade Putra Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan meskipun waktu persiapan tidak sampai satu bulan, namun berkat partisipasi seluruh kader dan pengurus, acara dapat terlaksana dengan lancar.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penyelenggaraan acara natal tersebut.

Selain melaksanakan prosesi ibadah, DPW Partai NasDem Riau secara simbolis juga menyerahkan bantuan kepada Panti Asuhan Elshadai yang diwakili oleh Lidia sebagai pengurus Panti. 

Ketua DPW Partai NasDem Willy Aditya yang diwakilkan oleh Ketua Bappilu, Dedi Harianto Lubis, mengungkapkan perayaan natal bersama ini sebagai bentuk wujud NasDem merupakan Partai yang Nasionalis Religius.

"Nasdem adalah milik semua umat dan golongan, serta semua lapisan masyarakat, sebelumnya Partai Nasdem sudah menggelar penyerahan bantuan Al Qur'an dan sajadah, pengecatan tempat ibadah, mesjid dan gereja, serta melalui Nasdem milenial Nasdem setiap Jumat menggelar pembagian nasi kepada kaum marginal, pemulung dan penyapu jalan serta lainnya," jelasnya. 

NasDem Riau, lanjut Dedi, bahkan juga sudah menggelar rapid test gratis bagi warga, hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa NasDem hadir bagi masyarakat dan Nasdem hadir bukan hanya untuk pemilu.

Dengan momentum natal ini, Dedi menambahkan, Partai Nasdem ingin terus merawat kebhinekaan dan gotong royong. Terbukti, dalam acara ini, kader-kader yang muslim pun membantu mensukseskan acara ini.

"Dalam acara ini juga hadir rekan-rekan dari Pemuda Pancasila, dan pemuda muslim lainnya, inilah perwujudan bahwa toleransi beragama itu masih ada di Riau," tutupnya.***