PALEMBANG - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan memeriksa anak Akidi Tio, Senin, 2 Agustus 2021. Kapolda Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Eko Indra Heri membenarkan adanya pemeriksaan ini.

"Sedang kami dalami," kata Eko ketika dihubungi pada Senin, 2 Agustus 2021.

Ketika ditanya benarkah pemeriksaan ini berhubungan soal sumbangan bodong, Eko mengatakan tim masih bekerja. "Tim masih bekerja," ujarnya.

Tadi pagi, anak pengusaha Akidi Tio, Heriyanti, mendatangi Polda Sumsel terkait dana bantuan Rp 2 triliun untuk penanganan Corona. Dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Dermawan, juga datang.

Heriyanti tiba sekitar pukul 13.00 WIB di Polda Sumsel. Tak lama kemudian, Hardi juga dibawa ke ruangan Ditreskrimsus Polda Sumsel.

Belum ada informasi detail terkait keperluan keduanya dibawa ke ruangan itu. Polisi belum menjelaskan status hukum keduanya.

"Saya tidak tahu. Dia mengatakan sudah ada, dia mengatakan uang itu ada. Saya belum lihat," kata Hardi saat tiba di Polda Sumsel.

"Ya kalau tidak ada saya minta maaf," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Heriyanti dan Hardi menyerahkan bantuan Rp 2 triliun secara simbolis atas nama keluarga Akidi ke Polda Sumsel. Bantuan itu diterima oleh Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri.

Pemberian dana hibah triliunan disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru dan Danrem Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus. Penyerahan dana diserahkan keluarga Tio kepada Kapolda Sumsel Irjen Eko untuk penanggulangan COVID-19. Terutama kepada warga yang terdampak PPKM, yang saat ini tengah diberlakukan, Senin (26/7).

"Dana tersebut diberikan salah seorang keluarga yang saya kenal sewaktu masih tugas di Aceh. Dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak Covid-19," kata Irjen Eko Indra, Senin (26/7).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, mewakili masyarakat, mengapresiasi keluarga Akidi.

“Kami bangga menerima bantuan ini dari keluarga almarhum. Apalagi jumlah dana yang diberikan sangat besar mencapai Rp 2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit,” kata Herman Deru.

Herman Deru menuturkan bantuan dari keluarga Akidi Tio tersebut akan disalurkan secara maksimal kepada semua masyarakat Sumsel yang terdampak Covid-19 dalam berbagai bentuk bantuan seperti logistik makanan, peralatan medis obat-obatan, ataupun sarana dan prasarana protokol kesehatan. “Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ujar dia. ***