SIAK SRI INDRAPURA - Badan Operasi Bersama PT BSP Pertamina Hulu berhasil menemukan cadangan minyak yang berasal dari sumur Benewangi yang di tajak tanggal 22 Desember  2018 lalu tanda dimulainya pengeboran.

Penemuan cadangan minyak ini merupakan kabar gembira bagi BOB dan masyarakat Riau. Ini merupakan capaian yang baik di awal tahun 2019. Dengan berhasilnya menemukan cadangan minyak bumi ini, berarti BOB bisa meningkatkan hasil produksinya.

Direktur Eksplorasi  Pertamina Hulu Energi, Abdul Mutalib  Masdar, VP Eksplorasi Asset dan Operasi PHE, Manajemen PT BSP serta PIC JMC meninjau langsung  ke lokasi sumur Benewangi yang terletak di desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Rombongan ini langsung di dampingi oleh General Manager BOB PT BSP Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady beserta para manajer dan pekerja BOB. 

Abdul Muthalib  Masdar mengapresiasi kinerja BOB atas keberhasilannya dalam menemukan cadangan minyak ini. Dia berharap  agar BOB mempersiapkan strategi berikutnya untuk segera melakukan post drill analysis untuk memastikan jumlah cadangan yang sudah ditemukan dan kemudian melakukan produksi untuk di komersialkan.

''Jadi kalau kita melihat kondisi existing artinya kita tidak megalami hambatan yang berarti untuk melakukan komersialisasi atau POP ( Put On Production ) karena jarak existingnya dekat, 10  hingga 20 meter, kita pikir itu hanya dalam hitungan hari, kita bisa melakukan komersialisasi ini,” ujar Abdul Muthalib Masdar.

Dari hasil pencaian ini, Direktur Eksplorasi dari Pertamina Hulu Energi ini berharap kepada BOB untuk melakukan evaluasi agar segera melakukan pencarian dan pengeboran sumur sumur baru yang berada di disekitar sumur Benewangi ini.

''Dalam teorinya, kita sudah menemukan gajah, makanya kita juga harus menemukan gajah gajah lain, kita cari temannya gajah, kita cari sepupunya gajah, kita cari mungkin anak anak gajah yang lain supaya temuannya tidak berhenti di sumur Benewangi ini saja,” ujar Abdul Muthalib Masdar.

Sementara, GM BOB PT BSP Pertamina Hulu, Riry Wurestya Hady menjelaskan bahwa apa yang telah diinginkan para pekerja BOB untuk melakukan pengeboran dan menemukan cadangan minyak, akhirnya terwujud. 

''Syukur Alhamdulillah, atas semua rahmat yang telah Allah berikan sehingga operasi pemboran sumur eksplorasi Benewangi dapat berjalan sesuai dengan rencana, aman meskipun dalam pelaksanaan pemborannya kami menemukan beberapa kesulitan dan dapat disimpulkan pemboran ini berhasil dengan discovery,'' ujar Riry.

''Kita tidak akan berhenti disini saja. Dan kita akan tetap berusaha untuk mencari cadangan cadangan minyak lainya untuk meningkatkan produksi nasional yang nantinya akan dinikmati oleh masyararakat Indonesia,” tambahnya.

Dari hasil test yang sudah dilakukan, didapatkan minyak yang berasal dari sumur Benewangi #J-01 dengan total kedalaman 2800 ft MD ini mengalir ke permukaan secara alamiah (natural flowing) dari 2 prospect lapisan, sementara BOB masih mengevaluasi lanjut untuk menghitung besaran cadangan dan produksi yang akan dihasilkan. Hasil ini merupakan pencapaian yang sangat baik. 

“Dengan keberhasilan pemboran ini, Insya Allah akan menambah produksi minyak BOB saat ini. Terima kasih kepada stake holder yang telah mempercayai BOB dan semua pihak yang telah mendukung pemboran ini”, Ujar GM BOB PT BSP Pertamina Hulu. ***