JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan yang dapat disertai kilat dan angin kencang akan terjadi di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Sabtu (8/1/2022).

Menurut prakiraan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Kondisi cuaca serupa juga berpotensi meliputi wilayah Provinsi Lampung, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan.

Cuaca kota besar seperti Pangkal Pinang, Serang, Jakarta, Bandung, Banda Aceh, Padang, Batam, Bengkulu, Yogyakarta, Surabaya, Tarakan, dan Banjarmasin diprakirakan cerah berawan pada pagi hari dari pukul 07.00 sampai 10.00 WIB.

Sementara Kota Palembang, Bandar Lampung, Semarang, Medan, Pontianak, Palangka Raya, dan Balikpapan selama kurun itu diprakirakan berawan.

Mengenai kondisi cuaca yang pada Jumat (7/1) menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengemukakan beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan curah hujan di Ibu Kota Provinsi Papua itu.

"Suhu muka laut sekitar perairan Papua cukup hangat sehingga meningkatkan aktivitas konvektif," kata Fachri, menambahkan, di samping itu ada belokan angin di wilayah utara Papua dan meridional monsoon baratan bersifat basah. ***