SIAK - Bantuan keuangan dari pemerintah Provinsi Riau dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk 16.800 kepala keluarga akan disalurkan Pemkab Siak melalui kantor Pos.

"Tadi secara simbolis bantuan keuangan itu sudah diserahkan Gubernur Riau untuk Kabupaten Kota. Untuk Kabupaten Siak diterima oleh perwakilan yakni Camat Minas Hendra," kata Penjabat Sekda Siak, Jamaluddin, Rabu (20/5/2020).

Dijelaskan Jamal, Bantuan yang di salurkan pemerintah Provinsi Riau itu, terdiri dari bantuan keuangan khusus Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Jaringan Pengaman Sosial serta Logistik berupa (Alat kesehatan, Rapid test, masker, ekstra puding dan Vitamin).

"InsyaAllah hari ini juga disalurkan Pemprov Riau untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kita juga menerima bantuan keuangan dan logistik," kata Jamal.

Dijelaskan Jamal secara umum ada1.591 Desa se provinsi Riau akan menerima bantuan, yang besaran bantuannya per Desa Rp100 juta, termasuk kelurahan dan kecamatan masing-masing menerima Rp 100 juta.

Untuk bantuan sosial jaringan pengamanan sosial top up akan disalurkan kepada 212.893 kepala keluarga se provinsi Riau.

"Sementara untuk kabupaten Siak sesuai yang diusulkan ke pemerintah provinsi ada 16.800 kepala keluarga menerima bantuan. Sesuai petunjuk masing-masing per kepala keluaraga menerima Rp 300 ribu selama tiga bulan, mulai dari bulan Mei-Juli," ujarnya.

Jamal memastikan sebelum lebaran nanti, dana top up dari propinsi ini sudah disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. "Sesuai arahan pak Gubernur, secepatnya akan disalurkan kepada masyarakat," sebut Jamal.

Jamaluddin juga mengakui, kesulitan dengan waktu penyaluran, yang di date line oleh gubernur Riau karena waktunya hanya Rabu ini terhakir, seluruh kantor Pemerintah besok tutup.

"Kesulitan kita waktunya hanya satu hari ini aja, besok sudah libur. Namu kita akan bekerjasama dengan kantor POS terkait teknis penyaluran bantuan langsung tunai. Harapan kita kantor POS dapat melayani seluruh warga,"ucapnya.

Di dalam ruangan Comen Center Lantai II Kantor Bupati Siak, Jamaludin bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Siak L Budhi Yuwono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hendrisan, Kepala Dinas Infokom Arfan Usman, Kapoleres Siak AKBP Doddy F Sanjaya, Danramil Kota Mayor Suratno menyaksikan penyerahan tersebut. Adv