RENGAT - Isni, seorang kakek di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau menemukan bongkahan emas saat membersihkan Masjid Al-Ikhlas, sebuah masjid yang terletak di Desa Kualakilan Kecamatan Batangcenaku. Kakek tersebut merupakan seorang marbot masjid dan menemukan bongkahan emas pada Ahad, 13 Juni 2021.

Isni mengungkapkan, awalnya ia sedang membersihkan masjid, mulai dari dalam, bagian luar hingga toilet. Saat membersihkan toilet, ia melihat sebuah jaket yang menggantung. Melihat jaket itu, ia mencoba mencari orang di sekitar, tapi tak ada.

"Kemudian saya ambil jaket ini, saya amankan dan ketika pemiliknya datang, akan saya kembalikan. Pas saya ambil, saya heran jaketnya berat, tidak seperti jaket pada umumnya," ujar Isni, Senin (14/6/2021).

Isni memeriksa kantong jaket tersebut. Kemudian, ia menemukan sebongkah emas yang terbungkus rapi. Karena isinya emas, ia menyimpan jaket di lemari masjid. Ia pun bertanggungjawab untuk mengembalikan barang temuannya itu.

Dua jam menunggu. Benar saja, ada seseorang yang datang. Kepada Isni, ia mempertanyakan keberadaan jaket tersebut. Orang yang tak dikenal tersebut menyampaikan ciri-ciri jaketnya.  

"Orang itu pun menanyakan kepada saya soal keberadaan jaket tersebut. Karena saya yakin pemilik jaket adalah orang tersebut, saya pun menyerahkannya. Sontak, orang itu pun sujud syukur sembari mengucapkan terimakasih kepada saya yang telah menemukan emasnya," terang Isni.

Sebagai bentuk syukurnya, pemilik emas itu pun memberikan infak ke masjid. Isni juga mengaku tidak mengetahui nama orang tersebut. Namun, orang yang tak dikenalnya itu sempat menyebut bahwa emas itu jika diduitkan senilai Rp1,2 miliar.

"Saya lupa tanya namanya, tapi dia sempat sebut warga Belilas, Kecamatan Seberida Inhu yang pulang dari pasar Kilan Inhu. Mungkin pulang dari pasar, dia buang air kecil ke sini, tapi kelupaan sehingga jaket tinggal di WC masjid," ujarnya.***