SELATPANJANG - Pasangan Berseri (Bersama Said Hasyim dan Hery Saputra) merupakan pasangan pertama yang mengambil formulir di kantor DPD PAN Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Selasa (10/12/2019).

Ketua penjaringan Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kepulauan Meranti, Bonny Nofriza SH MH, didampingi wakil ketua Sopandi Rozali, SSos dan sekretaris Ade Tian Pramana membenarkan ada yang mengambil formulir calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti ke partainya. 

"Memang benar, hari ini kami kedatangan tamu yang mengambil formulir pendaftaran calon bupati dan wakil bupati," ujarnya.

Bonny Nofriza, mengakui pengambilan formulir diwakili oleh tim dan rombongan pasangan Berseri ikut datang saat pengambilan formulir tersebut.

Pengambilan formulir penjaringan kepala daerah dari PAN Kepulauan Meranti akan berlangsung pada tanggal 10-20 Desember 2019. Sementara verifikasi berkas dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 24 Desember 2019. 

Bonny, mengungkapkan bila nanti calon bisa mendapatkan restu dari partainya PAN. Maka syarat dukungan untuk pencalonan sudah terpenuhi. Namun, bila tidak, harus mencari koalisi dari partai lainnya untuk memenuhi kuota. 

Selain itu, partai PAN juga memiliki mekanisme survei untuk menentukan bakal calon yang harus di dukung. Untuk itu dirinya juga mengaku telah menyampaikan agar pasangan calon bupati dan wakil bupati memperhatikan elektabilitas dan popularitasnya di kabupaten kepulauan Meranti. 

"Keputusan penuh ada di tangan DPP. Dan hasil survei juga bisa menentukan arah dukungan," terangnya

Terakhir, pada pekan pertama Januari 2020 para bacalon yang lulus administrasi akan langsung dilakukan survei nasional.

"Dalam masa tenggang waktu itu para bacalon bisa mengambil dan menyerahkan berkas pendaftaran. Setelah lolos administrasi, para bacalon akan diikutsertakan pada survei yang akan dilaksanakan oleh lembaga survei nasional yakni PolMark yang memang ditunjuk oleh DPP PAN," ungkap Bonny saat memberikan keterangan pers di Kantor DPD PAN Kepulauan Meranti.***