JAKARTA - PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI) mencatat laba bersih sebesar Rp 35,09 miliar di tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 yang mencatat rugi bersih sebesar Rp 3,59 miliar, atau mengalami kenaikan signifikan sebesar 1.077,44%.

Direktur PT Reliance Sekuritas Indonesia Wilson Sofan mengatakan, kenaikan laba bersih tersebut diperoleh karena berbagai program di antaranya program efisiensi biaya serta kenaikan penghasilan lain-lain. Jumlah beban usaha di tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 42,1% menjadi Rp 29,5 miliar dibandingkan 2019 sebesar Rp 51,0 miliar. Sedangkan penghasilan (beban) lain-lain naik signifikan sebesar 285,3% menjadi Rp 43,7 miliar di tahun 2020 dibandingkan 2019 sebesar Rp 11,4 miliar.

“Hasil positif tersebut tidak lepas dari strategi-strategi perseroan yang dilakukan di tahun 2020, yaitu melakukan upaya efisiensi biaya operasional untuk menjaga sustainability semasa krisis ekonomi global imbas dari pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020, kami melakukan reformasi bisnis model untuk kembali fokus kepada nasabah retail yang telah terbukti resilient terhadap krisis,” kata Wilson dalam keterangan tertulis, Senin (12/7/2021).

Untuk meningkatkan nasabah ritel, perseroan melakukan peningkatkan kualitas sistem dan infrastruktur, serta pengembangan produk yang menyasar ritel dan digital. “Salah satu langkah yang diambil dalam menghadapi tantangan ke depan adalah menjaga kesiapan infrastruktur teknologi dan pengembangan inovasi digital secara berkelanjutan,” ucapnya.

Performa tersebut sudah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan (RUPST), baru-baru ini. Di mana, Presiden Komisaris Reliance Sekuritas Indonesia Anton Budidjaja menyampaikan bahwa jumlah laba bersih tersebut seluruhnya dicatat sebagai laba ditahan dalam rangka memperkuat struktur permodalan perusahaan ke depan. “Salah satu langkah yang diambil dalam menghadapi tantangan ke depan adalah menjaga kesiapan infrastruktur teknologi dan pengembangan inovasi digital secara berkelanjutan,” pungkasnya.

RELI merupakan anak perusahaan dari PT Reliance Capital Management dengan kepemilikan saham 86,49%. Grup Reliance merupakan sebuah induk perusahaan jasa keuangan yang terintegrasi yang menyediakan solusi keuangan satu pintu, dengan portofolio jasa yang mencakup investasi (perdagangan efek dan manajer investasi), proteksi (asuransi kesehatan, kerugian, dan jiwa) dan pembiayaan (multifinance dan modal ventura). ***