PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyerahkan bantuan untuk lima belas pengrajin unit usaha tenun dan bordir serta gelas kreatif di Pekanbaru. Bantuan diserahkan oleh Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Hj. Asmita Firdaus di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Jumat (20/11/2015).

Bantuan sebagai motivasi bagi para pengrajin untuk siap menghadapi persaingan usaha Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), dirincikan antara lain 5 orang pengrajin bordir, 5 orang pengrajin tenun dan 5 orang pengrajin gelas kreatif.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Drs Azwan Msi mengatakan, bantuan ini untuk memberikan motivasi kepada pelaku usaha dan pengrajin tenun dan songket untuk lebih giat dan kreatif dalam mengembangkan bisnis usahanya.

"Sebentar lagi kita akan menghadapi MEA, persaingan makin ketat dan maju. Karena produk dari luar negara ASEAN bakal masuk ke negara kita Indonesia. Untuk itu produk dan mutu yang kita punya harus lebik baik dari luar negeri," sampainya.

Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Asmita Firdaus mengaspirasi apa yang telah dilakukan oleh Disperindag yang mau memperhatikan para pengrajin tenun dan songket untuk mendapatkan bantuan bahan dan peralatan bagi kemajuan usaha dan meringankan beban ekonomi.

"Pengrajian harus maju dan terus maju, jangan menyerah agar dapat bersaing di dalam daerah bahkan di luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan negara-negara ASEAN lainnya," sampai dia.

Pekanbaru sebagai pintu masuk negara ASEAN diharapkan menjadi pelopor bahan kerajinan yang mampu menjadi daya pikat dan terkenal keluar negeri.rls