SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi beserta sejumlah masyarakat Siak melaksanakan Sholat Istiqhosah yang dilaksanakan di Mesjid Sultan Syarif Hasyim, Komplek Islamic Centre Siak, Minggu (23/6/2013).

Sholat Istiqhosah adalah shalat yang dilaksanakan dengan tujuan meminta diturunkannya hujan oleh Allah SWT. Pelaksanaan shalat ini dipimpin oleh imam mesjid SSH, ustadz Abdul Ghofur. Sedangkan yang bertindak selaku khatib adalah Ketua MUI Siak H Shofwan Shaleh SHi.

Saat ini hujan adalah suatu hal yang sangat diharapkan, tidak hanya dikota Siak tetapi juga di propinsi Riau umumnya. Hal ini tentunya dilatar belakangi oleh kerisauan terhadap kabut asap tebal yang menyelimuti kabupaten Siak. Hal ini pula yang membuat Bupati Siak Drs H Syamsuar tergerak untuk menggelar Shalat Istiqhosah.

Menurutnya, kabut asap tidak hanya dikhawatirkan menggangu aktifitas maysrakat, akan tetapi tentunya juga berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Sehingga melalui sholat yang telah dilaksanakan, besar harapan beserta do'a yang dipanjatkan hendaknya hujan bisa turun dalam waktu dekat. Dan secara berangsur dapat mengurangi pekatnya kabut asap sekaligus memadamkan titik api yang menjadi penyebab utama kabut asap.

Selain itu hujan juga diharapkan agar kabupaten Siak terhindar dari bencana kekeringan. Disamping itu, kepada masyarakat Siak umumnya juga dihimbau agar dapat melakukan sholat Istisqa didaerah masing-masing. Karena permohonan taubat dan berdo’a kepada allah akan kebaikan untuk negeri ini harus dilakukan secara bersama depentingan bersama pula.

Disampaikan oleh Shofwan Shaleh, hujan tidak diturunkan bisa disebabkan oleh kelalaian dan kemaksiatan yang dilakukan oleh manusia. Karena menurutnya dalam alquran diterangkan bahwa azab allah tidak hanya akan diturunkan di akhirat, melainkan adanya azab dunia.

"Musibah yang ditimpakan didunia dan penyakit-penyakit yang ada, seperti musibah gempa bumi, puting beliung, kebakaran dan tidak diturunkannya hujan, maka hendaklah kita bertaubat kepada allah SWT," jelas Shofwan dalam khotbahnya. Untuk itu Shofwan juga mengajak agar setiap umat manusia harus senantiasa memohon ampun kepada allah SWT, sehingga dengan memohon ampun kepadanya semua musibah akan dijauhkan dan keadaan negeri menjadi baik. (sks)