JAKARTA - Ribuan orang dari beragam organisasi dan aliansi mahasiswa kembali mengadakan aksi di depan gedung DPR RI. Mereka bergerak dari sekitar Halte JCC di Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta.

Pantauan di lapangan, peserta unjuk rasa terdiri dari mahasiswa, pelajar buruh, organisasi masyarakat (Ormas), dan LSM. Massa sambil diiringi orasi dari koordinator pendemo terus berjalan. Namun, aksi mereka diadang pihak kepolisian yang bersiaga di bawah kolong Fly Over Senayan.

Salah satu perwakilan pun berdialog dengan perwira menengah Polri. Mereka meminta jalur dibuka.

"Kami ingin menyampaikan pendapat di Gedung DPR/MPR. Tolong bantu kami. Kami tak ingin suara unjuk rasa ini hanya sekadar unjuk rasa. Tapi tidak didengar," kata perwakilan massa, Nining Elitod yang menemui polisi, Senin (30/9).

Tak lama setelah itu, pihak kepolisian membuka road barrier plastik yang sebelumnya memalangi ruas Jalan Gatot Subroto di bawah kolong Fly Over Senayan.

Hingga kini, massa masih tertahan di dekat kolong Fly Over Senayan. Mereka bergerak pelan-pelan.

Ruas Jalan Gatot Subroto menuju ke Slipi dijaga ketat. Areal steril untuk umum. Tak ada satupun kendaraan yang boleh melewati jalur tersebut. Pengendara yang hendak melewati Slipi dialihkan ke Gerbang Pemuda.

Sementara itu, puluhan polisi membentuk barikade di dekat Resto Pulau Dua. Mereka berdiri tepat di belakang kawat berdiri yang terpasang menutup jalur Gatot Subroto.***