PEKANBARU -- Saat datang bulan Ramadhan, bermunculan para pedagang timun suri. Sebab, timun suri memang dicari banyak umat Islam sebagai campuran minuman untuk berbuka puasa.

Berbuka puasa dengan meminum air campuran serutan timun suri memang sangat menyegarkan, apa lagi bila ditambahkan es. Ternyata, minum air campuran timur suri tidak hanya menyegarkan, namun juga memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari sindonews.com yang melansir dari Windowofworld pada Rabu (14/4), berikut beberapa khasiat timun suri bagi kesehatan tubuh:

1. Menghidrasi tubuh

Timun suri dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi. Mengonsumsi timun suri dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Timun suri juga mengandung potasium yang sangat penting dalam memainkan keseimbangan cairan tubuh.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Beberapa sumber mengatakan bahwa timun suri memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi. Karenanya, buah satu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang berperan untuk melindungi sistem tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam kandungan timun suri juga dapat mengontrol tekanan darah serta menurunkan kadar asam urat.

3. Menurunkan peradangan di tubuh

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sebuah penelitian pada hewan juga mengungkapkan bahwa vitamin A dari mentimun dapat menjaga kesehatan organ yang mengalami peradangan kronis.

4. Mencegah anemia

Timun suri mengandung zat besi, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah anemia atau kelelahan. Ini karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.***