PEKANBARU – Tuntas sudah kompetisi Liga Jerman 2021/2022. Bayern Munich keluar menjadi juara, diikuti Borussia Dortmund, berikut klasemen akhir Bundesliga musim ini.

Pekan ke-34 Liga Jerman sudah digelar pada Sabtu (14/5/2022). Sebanyak 9 pertandingan digelar serempak.

Bayern, yang sudah menyegel gelar juara, ditahan Wolfsburg 2-2 di pekan terakhir. Satu poin membuat Die Roten menutup musim dengan raihan 77 poin dari 34 laga.

Dortmund, yang juga sudah dipastikan menjadi runner up, bisa mengemas tiga angka usai mengalahkan Hertha Berlin 2-1. Die Borussen mengoleksi 69 poin dari 34 laga di tempat kedua.

Bayer Leverkusen juga bisa menang tipis di pekan terakhir, dengan menekuk Freiburg 2-1. Tiga poin membuat Leverkusen meraih 64 poin di akhir musim.

RB Leipzig kemudian meraih satu poin di pekan terakhir, usai ditahan Arminia Bielefeld. Christopher Nkunku dkk menutup musim dengan 58 poin. Bayern, Dortmund, Leverkusen, dan Leipzig memastikan maju ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu, Union Berlin berada di peringkat lima dengan 57 poin, usai menang 3-2 atas Bochum. Freiburg, yang kalah dari Leverkusen, tetap berada di peringkat enam dengan 55 poin. Union Berlin dan Freiburg lolos ke Liga Europa musim depan.

Satu tiket Eropa tersisa kemudian diraih FC Cologne, yang kalah dari Stuttgart 1-2 di pekan terakhir. Cologne bertahan di peringkat tujuh dengan 52 poin, berhak ikut playoff European Conference League.

Sepuluh besar kemudian dilengkap oleh Mainz, Hoffenheim, serta Borussia Moenchengladbach, yang berada di peringkat 8 hingga 10.

Di luar 10 besar ada Eintracht Frankfurt, Wolfsburg, Bochum, Augsburg, dan Stuttgart. Sedangkan tiga tim terbawah dihuni Hertha Berlin, Arminia Bielefeld, dan Greuter Furth. Arminia Bielefeld dan Greuter Fruth dipastikan terdegradasi ke Bundesliga 2, sementara Hertha Berlin harus menjalani playoff untuk menentukan nasibnya.***