JAKARTA - Suzuki Jimny 5 pintu telah resmi diperkenalkan di India, tepatnya di Auto Expo 2023. Bersamaan dengan debut globalnya tersebut, mobil ikonik Suzuki ini, juga sudah dapat dipesan, meskipun peluncuran resmi baru dilakukan pada Mei 2023.

Setali tiga uang dengan model tiga pintu, SUV dari pabrikan asal Jepang ini juga mendapatkan pesanan yang cukup banyak, bahkan sudah melebihi 3.000 unit di Negeri bollywood.

Disitat dari Cartoq, Senin (23/1/2023), awalnya calon pembeli yang berminat untuk membawa pulang Suzuki Jimny 5 pintu ini diharuskan menyetor uang muka alias down payment (DP) 11.000 rupe atau setara dengan Rp 2 juta. Namun, kini tanda jadi untuk model yang memiliki banyak penggemar ini sudah dinaikan menjadi 25 ribu rupe atau setara Rp 4,6 juta.

Tidak seperti SUV kompak lainnya, Jimny 5 pintu spesifikasi India akan hadir dengan dasar yang kokoh, dan berjiwa offroad. Suzuki Jimny 5 pintu ini tidak sepenuhnya baru, dan banyak memiliki kesamaan dengan model 3 pintu. Terlepas dari jarak sumbu roda yang lebih panjang, serta dua pintu tambahan, dan bagian belakang yang didesain ulang.

Berukuran panjang 3.985 mm dan dengan jarak sumbu roda 2.590 mm. Selain itu, lebar Suzuki Jimny 5 pintu ini adalah 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm. Jantung penggeraknya, Suzuki Jimny 5 pintu ini masih dipersenjatai mesin K15 B lama yang dikawinkan dengan konverter torsi otomatis 4 kecepatan atau girbok manual lima percepatan.

Mesin tersebut sama dengan versi tiga pintu, yang dapat menghasilkan tenaga 105 tk torsi puncak 134 Nm. Selain itu, model ini juga mendapat teknologi mild hybrid. Berhubungan dengan off road, Suzuki 5 pintu ini mendapatkan sistem AllGrip Pro 4WD dengan kotak transfer manual dan girbok jarak rendah 2WD-High, 4WD-high, dan 4WD-low.***