JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) sebagai official partner ‘Wonderful Indonesia’, Telkomsel kini mewujudkan dukungannya bagi sektor pariwisata Indonesia dengan meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’.

Kartu perdana ini memiliki desain khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara.

‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ memiliki 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia. Kartu perdana ini bisa didapatkan pada mitra pariwisata nasional yang berhubungan dengan wisatawan mancanegara, dengan harga Rp 100.000 yang berisi 10 GB kuota internet, 300 menit layanan suara serta 300 SMS yang dapat digunakan antar operator internasional maupun domestik dengan masa berlaku selama 14 hari.

Dengan menggunakan simPATI edisi spesial ini, wisatawan juga dapat melakukan pembelian ulang paket yang tersedia dengan harga Rp 50.000 hingga Rp 100.000 melalui aplikasi MyTelkomsel maupun menu akses *363#.

Selain itu, Telkomsel juga akan melakukan penguatan jaringan broadband 4G untuk memastikan kualitas dan ketersediaan akses internet di 10 titik destinasi wisata utama, yang terdiri dari Danau Toba – Sumatera Utara, Morotai – Maluku, Wakatobi – Sulawesi Tenggara , Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, Mandalika – Nusa Tenggara Barat, Bromo – Jawa Timur, Candi Borobudur – Jawa Tengah, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung - Banten , dan Tanjung Kelayang - Belitung.

“Kartu perdana ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’ merupakan salah satu wujud dukungan kami bagi program Wonderful Indonesia dari Kemenpar RI. Paket komunikasi di simPATI edisi spesial ini dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi wisman selama berada di Indonesia,” kata Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi dalam siaran persnya hari ini.

“Di samping terus konsisten membangun jaringan hingga ke daerah pelosok, kami juga meningkatkan kualitas jaringan di destinasi wisata utama di Tanah Air untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan wisatawan yang aktif menggunakan layanan komunikasi dan akses internet selama berada di lokasi wisata. Dengan begitu, kami harap layanan Telkomsel dapat turut mendukung percepatan agenda kepariwisataan Indonesia dalam memberikan best tourist experience di Indonesia bagi wisatawan mancanegara,” ungkap Sukardi.

Sebagai official partner ‘Wonderful Indonesia’, Telkomsel juga akan menghadirkan pengalaman ‘digital tourism’ di Indonesia dengan menyediakan metode pembayaran digital TCASH di berbagai titik wisata. Telkomsel pun turut serta membantu meningkatkan awareness masyarakat tentang destinasi wisata Indonesia melalui media promosi yang ditempatkan di berbagai saluran touch point Telkomsel dengan pelanggan, seperti di GraPARI di dalam negeri maupun luar negeri, situs resmi Telkomsel, dan aplikasi digital MyTelkomsel.

Selain itu, bagi institusi yang tergabung di dalam asosiasi di bawah Tim Pelaksana Visit Wonderful Indonesia seperti operator tur, agen travel, hotel, perusahaan transportasi, dan taman hiburan, Telkomsel juga menyediakan program bundling travel package dengan simPATI Tourist serta solusi bisnis digital berupa Location Based Advertising (LBA) dari Telkomsel MyAds dan Hi!Rest Solution.

Layanan MyAds akan membantu pemasangan iklan yang tepat sasaran untuk mendukung pemasaran bisnis institusi terkait, sedangkan Hi!Rest Solution menghadirkan aplikasi penunjang ekosistem digital kepariwisataan untuk hotel melalui penyediaan layanan in-room service bagi pelanggannya.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap hasil yang dicapai bisa memberikan nilai tambah yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem pariwisata Indonesia,”tutup Sukardi. ***