PEKANBARU - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Pekanbaru menegaskan pihaknya akan menerjunkan Tim Relawan Task Force Kemanusiaan PPKM Covid 19 di Kota Pekanbaru.

Ketua MPC PP Kota Pekanbaru, Iwan Pansa, mengatakan, tim yang berjumlah total 22 orang ini merupakan kader - kader pemuda Pancasila kota Pekanbaru yang telah di vaksin dan telah melewati proses seleksi ketat.

Sebelum diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat, ujar Iwan, tim ini sudah bekali dengan pengetahuan terkait PPKM Covid 19 ini melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dipimpin oleh Gugus Tugas Nasional Pemuda Pancasila.

"Kegiatan Bimtek ini baru saja usai dilaksanakan secara Daring (zoom meeting) pada hari Sabtu tanggal 3 September kemarin," kata Iwan, Minggu (5/9/2021).

Iwan Pansa menambahkan, relawan yang bernama Gugus Tugas Cabang (GTC) Kota Pekanbaru ini, dibentuk berdasarkan Instruksi Majelis Pimpinan Nasional (MPN) melalui GTN Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19, yang bekerjasama dengan Indika Foundation dan BNPB Pusat.

"Selain mensosialisasikan program vaksinasi, relawan akan melakukan penyemprotan disinfektan outdoor dan indoor di tempat umum serta memberikan ribuan paket bantuan sembako bagi warga yang sedang isolasi mandiri ataupun yang terdampak akibat PPKM," jelasnya.

Semua kegiatan relawan ini nantinya akan terpusat di Posko Relawan Task Force Kemanusiaan PPKM Covid 19 di Kantor MPC Pemuda Pancasila Kota Pekanbaru, Jalan Kereta Api No. 3-4 Pekanbaru. Tim Relawan diperbolehkan menerima donasi dari pihak lain untuk disalurkan ke masyarakat.

Selain itu, Iwan Pansa menambahkan, relawan ini akan melibatkan seluruh PAC se-Kota Pekanbaru, sehingga PP bisa bergerak mencapai tiap sudut kota. Sebab, relawan ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam membantu Pemerintah untuk penanganan Covid 19 di Kota Pekanbaru.

"Dalam waktu dekat, tim ini akan diterjunkan secara resmi, agar dapat segera beraksi membantu masyarakat yang sedang kesusahan akibat pendemi ini," terang Ketua Pelaksana, Suhermanto yang juga Sekretaris MPC PP Kota Pekanbaru. ***