LAMONGAN - Ketua Dewan Pwrwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Matalitti berpesan agar masyarakat ikut serta mengawasi anggaran Covid-19.

Jika semua masyarakat terlibat dalam pengawasan anggaran itu, maka tidak akan terjadi penyelewengan atasnama kegiatan penanganan Covid-19.

"Segala kegiatan yang mengatasnamakan Covid-19 perlu dikawal. Khususnya lagi terkait dana bantuan dari pemerintah pusat,'' tandasnya saat berkunjung di Lamongan, Minggu (3/5/2020) sore.

Menurut Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur itu, masyarakat tidak perlu ragu. Jika pelu justru harus lebih berani menanyakan kepada pemerintah.

"Termasuk Pemuda Pancasila. Selaku ormas kalian berhak tahu dan wajib mangawal. Kalau perlu menghadap bupati. Tanyakan secara rinci penggunaan anggaran terkait covid ini," ungkap LaNyalla di hadapan pengurus MPC Pemuda Pancasila Lamongan yang mendampinginya selama di Lamongan.

LaNyalla juga menegaskan, masyarakat juga wajib menanyakan apakah dana bantuan pusat sudah dikucurkan kepada masyarakat dan tepat sasaran. Termasuk penganggaran lokal apa juga dimanfaatkan sesuai keperluan.

"Sekali lagi, semua terkait penanganganan Covid-19 perlu dikawal agar tidak terjadi penyimpangan," tegasnya.

Ketua DPD RI ini datang ke Lamongan tidak lama. Dimulai pada siang hari, Ia berkunjung ke RSUD dr Soegiri Lamongan. Disana LaNyalla menyerahkan bantuan sejumlah alat pelindung diri (APD) yang diserahkan langsung ke direktur RSUD.

Sekitar 15 menit LaNyalla juga sempat mendoakan agar tenaga medis dan masyarakat tetap sehat dan corona segera berakhir.

Kunjungan berikutnya, LaNyalla membagikan sejumlah APD ke Masjid Namira Lamongan. Sebelumnya LaNyalla juga sempat menjadi imam salat dzuhur. Kunjungannya diakhiri di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Kembangbahu, La Nyala menyerahkan bantuan sembako. ***