PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Hingga hari keempat pasca hujan lebat yang melanda Rokan Hulu, Riau, sudah ribuan rumah terendam banjir. Data korban banjir yang masuk ke Posko Penanggulangan Banjir Rokan Hulu, hampir semua desa yang berada di tepi sungai terendam banjir.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Aceng Herdiana, ST, MM di Pasir Pangaraian, Senin (30/1/2013) megatakan pihak sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait bencana banjir termasuk ke Pemprov Riau. ''Kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk untuk penyaluran bantuan,'' kata Aceng.


Sementara itu, tambahan data hari ini, di Desa Pekan Tebih, Kecamatan Kepenuhan, banjir mulai naik pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 Wib. ''Kondisi air saat ini sekitar 1,2 meter, sedangkan warga terkena banjir di RW 6 RT I sebanyak 156 (KK), RW 5 pada RT I dan RT II sebanyak 75 (KK), yang terisolir RW 6, RT II 27 (KK) dan fasilitas umum yang terendam SD 3 Kepenuhan,'' kata Aceng


Kepala BPBD Rohul menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati jika air sudah membesar jangan sampai dekat-dekat dengan air apalagi anak-anak sebab dampaknya sangat berbahaya. ''Kita tetap komit memberi pelayanan pada masyarakat sesuai dengan target kita mengurangi resiko bencana,'' pungkas Aceng. (srt)