JAKARTA -- Sebanyak 46 orang dilaporkan tewas dan 41 orang lainnya terluka akibat kebakaran dahsyat yang terjadi pada bangunan tua di Distrik Yancheng Kaohsiung, Taiwan selatan.

Dikutip dari Sindonews.com, kebakaran pada bangunan yang berusia 40 tahun terjadi sejak dini hari, namun petugas pemadam kebakaran baru berhasil memadamkan api saat fajar.

Departemen Pemadam Kebakaran Kaohsiung mengatakan, setelah memeriksa areal bangunan yang terbakar, mereka dapat mengkonfirmasi jumlah korban tewas sebanyak 46 orang.

Wali Kota Kaohsiung, Chen Chi-Mai, mengatakan, bangunan itu sebagian ditinggalkan, setelah sebelumnya menjadi lokasi bagi restoran, lounge karaoke, dan bioskop seperti dikutip dari ABC.net.au, Kamis (14/10/2021).

Penyebab kebakaran belum diketahui, tetapi petugas pemadam kebakaran mencatat api terbakar sangat intens dalam tumpukan puing-puing yang berantakan di lantai pertama.

Saksi mata telah memberi tahu media Taiwan bahwa mereka mendengar ledakan sekitar pukul 3 pagi.

Api oranye dan asap terlihat mengepul keluar dari lantai bawah gedung ketika petugas pemadam kebakaran bekerja untuk mengendalikan api.

Pemerintah sedang menyelidiki penyebabnya, termasuk kemungkinan bangunan itu sengaja dibakar.***