SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Semakin banyaknya tantangan yang harus dihadapi terutama dalam masalah keagamaan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan seluruh ormas Islam menggalang silaturahim gedung Tengku Mahratu, Siak Sri Indrapura, Sabtu (8/6/2013). Silahturahim dilaksanakan sebagai bentuk menjalin komunikasi yang baik antar organisasi-organisasi yang ada.

Kegiatan yang bertajuk dengan pemberdayaan dan peran serta ormas Islam kita wujudkan masyarakat yang berakhlak dan dinamis dalam bingkai ukhuwah islamiyah di kabupaten Siak, juga dihadiri Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar MSi.

Selain itu juga hadir Ketua MUI Kabupaten Siak, H. Sofwan Saleh beserta pengurus, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Siak, KUA Kecamatan se-Kabupaten Siak dan sejumlah ormas Islam se-kabupaten Siak.

Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar MSi yang diminta menjadi salah seorang narasumber menyambut baik kegiatan karena dirinya dapat bersilaturahmi dengan pengurus Ormas Islam dan KUA kecamatan serta dapat bertukar pikiran.

''Ini menjadi tugas kita bersama dalam mengayomi umat,'' ujar bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyinggung visi dan misi kabupaten Siak. Bupati menegaskan bahwa pada tahun ini, pihaknya akan mengajukan Perda tentang melarang anak dibawah umur untuk bekerja.

''Selain itu, kami juga berharap pendidikan yang ada menjadi lebih baik dari tahun ketahun. Kami telah mengusulkan ke Kementerian Pendidikan untuk membangun Akademi Komunitas yang polanya sampai D2 yang bekerjasama dengan perusahaan. Akademi ini dibangun oleh pemerintah pusat, kita hanya menyediakan lahannya saja di kecamatan Mempura,'' jelasnya.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta, kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari kedepan.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Siak H Sofwan Saleh mengatakn peran ormas Islam dalam pembangunan ukhuwah harus bekerjasama, berbagi tugas dan saling dukung. Pengembangan moralitas harus dilakukan melalui berbagai jalur, seperti pendidikan, budaya, ekonomi, politik dan sebagainya. Hanya dengan cara kerja seperti inilah pengembangan moralitas akan membuahkan hasil yang maksimal.

Dalam kaitan ini diperlukan kesediaan untuk saling berbagi informasi dan berbagi pengalaman serta saling mendukung antara satu organisasi dengan lainnya.

Forum ini membahas beberapa agenda yang terjadi ditengah tengah masyarakat saat ini, antara lain: meminimalisir kenakalan remaja usia sekolah yang memprihatinkan, permasalahan khilafiyah di tengah masyarakat dan membangun kesadaran masyarakat untuk berzakat. (sks)