PEKANBARU - Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan bahwa pihaknya memahami warga sudah ingin terbebas dari masker dan virus Corona. Apalagi, tahun ini merupakan tahun kedua pandemi Covid-19 yang disebabkan virus tersebut.

Namun demikian, ia menjelaskan bahwa warga dan seluruh lapisan masyarakat harus tetap berikhtiar dalam upaya mencegah dan menyelamatkan diri dan orang-orang disekitar dari pandemi Covid-19. Salah satunya adalah dengan tetap disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi.

Ia meminta agar warga juga berkontribusi dalam mempercepat target vaksinasi Covid-19. Sehingga sistem kekebalan tubuh atau herd immunity dapat terbentuk dan semakin kuat untuk mencegah dampak buruk virus tersebut bagi kesehatan.

"Kita semua sudah tak ingin pakai masker kan? Kita juga ingin seperti negara lain yang sudah tidak perlu pakai masker," ujarnya.

Ia menjelaskan, warga bisa saja tidak perlu lagi menggunakan masker jika 70 persen masyarakat sudah mendapatkan herd immunity melalui vaksin tersebut. Hal ini seperti yang akan dilakukan oleh negara tetangga, Singapura.

"Syarat itu diantaranya 70 persen sudah vaksin, ini kan sudah ada penelitian ilmiahnya. Saya baca, Singapura juga akan menganggap Covid-19 seperti flu biasa jika sudah lebih 70 persen tervaksin warganya," jelasnya.

Ayat juga menyadari bahwa antusias warga Kota Pekanbaru cukup tinggi untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Ia berharap, target vaksinasi minimal 70 persen dapat segera tercapai, baik untuk Kota Pekanbaru maupun nasional. ***