PEKANBARU - Atraksi Tim Aerobatik Jupiter atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) di langit Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil memukau ribuan masyarakat yang menyaksikan atraksi tersebut di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Minggu (31/3/2019).

Danlanud RSN, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka mengatakan, bahwa atraksi ini merupakan serangkaian kegiatan untuk menyambut perayaan HUT Bulan Dirgantara ke-73.

Melalui atraksi JAT di langit itu juga, prajurit TNI AU ingin menampilkan kebolehan mereka dalam mengendalikan pesawat tempur yang mereka miliki.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan HUT Dirgantara ke-73 TNI AU, yang jatuh pada tanggal 9 April 2019 mendatang," kata Danlanud RSN, Marsekal Pertama, Ronny Irianto Moningka di Pekanbaru, Minggu (31/3/2019) sore.

Ads
Ia mengatakan perayaan kali ini merupakan kegiatan paling besar sejak sepuluh tahun terakhir di Pekanbaru, khususnya yang mana kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari sejak Sabtu (30/3/2019) hingga Minggu (31/3/2019). Dalam kegiatan ini juga mendapat antusias masyarakat yang sangat tinggi.

"Antusias masyarakat Pekanbaru sangat tinggi dalam perayaan HUT Bulan Dirgantara. Dibanding sepuluh tahun lalu, ini yang paling terbesar kemeriahannya. Tentunya berdasarkan masukan dari masyarakat juga," kata Ronny.

Adapun perayaan ini dilakukan secara serentak diseluruh pangkalan udara di Indonesia. Dengan tujuan untuk menghibur masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana sebenarnya Lanud Roesmin Nurjadin itu.

"Semalam kita buka full kegiatan yang melibatkan masyarakat umum dan seluruh sekolah di Kota Pekanbaru maupun diluar. Diantaranya perlombaan mewarnai, PBB dan lainnya dikalangan pelajar," sambungnya.

Untuk mewarnai sendiri, kata Ronny melibatkan sebanyak 2000 anak TK. Selain itu sejumlah jet tempur F16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200 Black Panther unjuk kebolehan dalam atraksi fly past.

Mulai dari lomba mewarnai yang  melibatkan sekitar 2000 anak TK hingga penampilan Paskhas dengan sejumlah jet tempur F16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200 Black Panther dalam atraksi fly past. Penampilan kemampuan dalam melakukan penyergapan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat dalam penyelenggaraan bulan dirgantara dua hari tersebut.

Terakhir, tim JAT TNI AU menggelar atraksi dengan menari-nari di langit biru kota Pekanbaru memukau seluruh masyarakat Pekanbaru yang ada pada saat itu, usai berhasil membawa nama baik bangsa Indonesia di Langkawi Internasional Maritime and Aerospace (LIMA) 2019, Malaysia.

"Dengan adanya kegitan dan perayaan Bulan Dirgantara Ini, kita berharap agar prajurit anggota TNI AU dapat lebih dekat dengan masyarakat dan tentunya dicintai. Kedepan anak-anak masyarakat dapat bergabung dengan TNI AU," tutup Ronny. ***