PEKANBARU – Seluas kurang lebih 50 hektare lahan di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terbakar. Tim Gabungan saat ini sedang berupaya memadamkan api.

Kebakaran besar itu sudah terjadi sejak Sabtu (9/7/2022) petang. Kebakaran itu terpantau melalui Aplikasi Lancang Kuning Sumber NASA  Satelit NOAA 20.

GoRiau

“Ia benar, kebakaran berada di perbukitan dengan kondisi dan medan sangat sulit dijangkau. Hingga saat ini masih diupayakan pemadaman dan pendinginan,” kata Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpyanto kepada GoRiau, Minggu (10/7/2022).

Wimpyanto menerangkan, dari pantauan di Aplikasi Lancang Kuning, ditemukan titik api dengan luas lahan kurang lebih 50 hektare.

Tim Gabungan, Polri, BPBD, dan TNI melakukan upaya pemadaman secara manual, menggunakan ranting pohon karena sumber air tidak ada dan lahan posisi bukit dan jurang sangat sulit dilalui.

“Jenis lahan yang terbakar itu, lahan mineral, jadi tim mengalami beberapa kendala di lapangan. Pemilik lahan juga sedang kita selidiki,” tutup Wimpyanto. ***