PEKANBARU, GORIAU.COM - Riau memiliki kekayaan budaya yang kuat dan pantas untuk diangkat ke pentas perfilman nasional termasuk sinetron. Karenanya, seluruh stakeholder daerah harus mendukung lahirnya film dan sinetron bernuansa Melayu.

''Riau ini sangat potensial, punya khazanah kebudayaan Melayu yang berbasiskan Islam. Ini pantas diangkat ke pentas nasional melalui film dan sinetron. Bukan saja kaya budaya, para senimannya juga potensial,'' ujar artis sinetron, Anwar Fuadi di Pekanbaru, Senin (3/12/2012).

Pengangkatan kebudayaan Melayu dan Islam di Riau akan memperkaya dunia perfilman dan sinetron nasional. ''Kalau dulu, sepengetahuan saya sudah sering muncul film dan sinetron Melayu, sekarang tinggal mensupport saja,'' tambah pengurus Persatuan Artis Sinetron Indonesia (PASI) ini.

Meski begitu, Anwar menilai, Riau perlu lebih lagi memperbanyak produksi sinetron bernuansa Melayu. ''Riau ini pusat Melayu, ini luar biasa, tinggal bagaimana mengembangkan. Banyak cerita-cerita rakyat dan kebudayaan Melayu yang bisa diangkat menjadi film dan sinetron,'' tambahnya. (nti)