PEKANBARU - Angin kencang yang dapat disertai hujan, diprakirakan melanda wilayah Riau, Sabtu (29/4/2017). Hal itu disebabkan karena saat ini masih dalam musim transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis, selain Provinsi Riau, daerah lain yang juga berpotensi dilanda angin kencang antara lain, Lampung, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, NTT dan Papua.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Pekanbaru Slamet Riyadi mengungkapkan, untuk di Riau saat ini pola anginnya pembelokan, sehingga potensi pertumbuhan awan hujan sangat bagus.

"Angin kencang dimungkinkan terjadi ketika hujan, karena adanya awan Cumulunimbus," jawab Slamet kepada GoRiau.com (GoNews Grup). Dapat diartikan, hujan yang berpotensi melanda Riau hari ini juga akan disertai angin kencang.

"Dimusim transisi dari hujan ke kemarau sekarang ini kondisi atmosfer labil sehingga diwaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga deras yang disertai angin kencang dan petir," pungkasnya.

Beberapa hari lalu misalnya, hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Kota Pekanbaru, Riau membuat pohon akasia setinggi delapan meter tumbang menimpa jalan. Kejadian itu di Jalan Hangtuah. Seorang pemotor jadi korbannya. ***