PEKANBARU, GORIAU.COM - Bidang UPT dan Pelatihan Dispora Riau menganggarkan Rp14 miliar di APBD Provinsi Riau tahun 2014 untuk pembinaan atlet baik tingkat pelajar maupun mahasiswa. Angka tersebut masih sama seperti yang diajukan pada 2013 lalu.

Kepala UPT dan Pelatihan Dispora Riau, H Akhyar kepada GoRiau.com, Senin (27/1/2014), mengatakan, banyak persiapan yang dilakukan Dispora Riau untuk menghadapi berbagai iven yang akan terlaksana sepanjang 2014 ini.

Rp14 miliar tersebut terbagi Rp9 miliar untuk pembinaan atlet pelajar dan Rp5 miliar untuk atlet tingkat mahasiswa. "Kita cukup dipadatkan dengan banyak iven di 2014 ini, seperti diantaranya Popwil, Kejurnas dan rencana awal PON Remaja," kata Akhyar.

Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) sudah ditetapkan akan berlangsung di Provinsi Jambi, namun belum dipastikan kapan pelaksanaannya. Sementara kejurnas masih menunggu tanggal resmi dari Kemenpora Riau.

Kemudian untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja yang menurut rencana dilaksanakan pada November 2014 mendatang di Surabaya, dijelaskan Akhyar memang bukan pekerjaan utama Dispora Riau. "Tetapi karena bersifat remaja dan sudah dipastikan melibatkan atlet pelajar, tentu kita mengantisipasinya," tutur Akhyar.

Sementara mengenai anggaran tersebut, akan diperuntukkan bagi 15 cabang olahraga yang terdaftar di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan 10 cabang yang berada di bawah Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM).(tri)