TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra menyambut kedatangan M Ricky bersama klub Riau Aquatic Kuansing yang baru pulang dari Kejurnas Renang Jakarta Open, Senin (6/9/2021). M Ricky merupakan perenang yang mengharumkan nama Kuansing di ajang bergengsi tersebut.

Secara langsung, Andi Putra menyatakan rasa bangga atas prestasi gemilang yang ditorehkan siswa kelas XIII SMAN 1 Telukkuantan itu.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada M Ricky dan Salsabila. Sudah sama-sama kita saksikan dan dibuktikan mereka berhasil menyabet medali emas. Ini sangat membanggakan untuk Kuansing," kata Andi saat menyambut M Ricky dan Salsabila serta para pelatih dan pembina di ruang kerjanya.

Menurut Andi, prestasi yang ditorehkan M Ricky ini merupakan sejarah untuk Kabupaten Kuansing dan Provinsi Riau. Maka sekali lagi, ia mengucapkan terima kasih untuk M Ricky yang telah mengharumkan Kuansing melalui olahraha renang.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada pengasuh dan pelatih yang telah mendampingi dan membina M Ricky sehingga memperoleh emas," kata Andi.

Sementara Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kuansing Fanny Andriana mengucapkan terima kasih telah disambut oleh Bupati Kuansing Andi Putra di Kantor Bupati Kuansing.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Bupati telah menyambut kami. Semoga ini menjadi motivasi kita dan atlet ke depan untuk menghadapi Porprov Riau tahun depan," katanya.

Ia mengatakan M Ricky merupakan binaan klub Riau Aquatic Kuansing. Ricky berhasil meraih medali emas nomor 50 meter gaya bebas pada Kejuaraan Nasional Jakarta Open dengan catatan waktu 24,60 detik.

"Ini prestasi perdana perenang putra Kuansing pada ajang bergengsi. Sebab, Jakarta Open diikuti oleh perenang-perenang nasional," katanya.

Fanny juga mengatakan selain M Ricky, ia juga membawa atlet renang putri Kuansing yakni Salsabila (16) siswa kelas X SMKN 3 Pertanian Telukkuatan. Salsabila ini merupakan juara renang O2SN tingkat Provinsi Riau.

"Salsabila ini insya Allah juga akan memperkuat Kuansing di Porprov besok. Kita berharap dukungan Bapak dan KONI untuk menghadapi Porprov X  tahun depan," katanya.

Sementara Ketua KONI Kuansing, Andi Cahyadi mengatakan bahwa KONI Kuansing bersinergi dengan Pemkab akan memberi perhatian lebih kepada para atlet yang berprestasi.

"Kita akan perhatikan atlet-atlet kita yang berprestasi. Ini sebagai apresiasi kita bagi atlet yang telah mengharumkan nama Kuansing. Apalagi, pimpinan daerah (bupati dan wabup) kita support terhadap olahraga," kata Andi Cahyadi.

Aheng-sapaan akrab Andi Cahyadi-juga mengatakan untuk meningkatkan prestasi olahraga, KONI Kuansing akan melakukan pembinaan olahraga secara berkelanjutan.

"Pembinaan berkelanjutan ini perlu. Apalagi sebentar lagi kita akan menjadi tuan rumah Porprov. Saya optimis Kuansing bisa sukses penyelenggaraan dan prestasi," katanya.

Turut hadir dalam acara penyambutan itu, Ketua KONI Kuansing Andi Cahyadi, Kepala Disdikpora Masrul Hakim, Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kuansing Fanny Andriana, dan Kasi Olahraga Disdikpora Kuansing Surya.***