PEKANBARU - Seluruh komisioner dan staff di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau dinyatakan bebas dari Covid-19 setelah dilakukan proses rapid test dan swab test kepada 48 orang.

Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto mengatakan, dari 48 orang itu, 40 diantaranya sudah melakukan rapid test dan 8 orang melakukan uji swab. Hasilnya semua negatif.

"Alhamdulillah rekan-rekan Anggota KPU Riau dan staff yang di uji usap (swab) pada jumat pekan lalu, hari ini dikabarkan hasilnya semua negatif," kata Nugie, Senin (14/9/2020).

Disinggung apakah staff akan kembali bekerja dengan sistem New Normal, Nugie belum bisa memastikan karena masih menunggu hasil rapat pleno. Yang jelas, pelayanan masih terbuka seperti biasa.

Terkait kondisi Ketua KPU Riau, IMY yang dalam swab terakhir dinyatakan positif Covid-19, Nugie mengungkapkan IMY akan kembali menjalankan uji swab pada hari ini. Kabar terakhir, IMY dalam keadaan sehat, fit dan segar.

"Mohon sangat do'a tulus kita agar ketua diberikan kesembuhan," tambah Nugie.

Diberitakan sebelumnya, semua komisioner dan staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona tipe baru setelah Ketua KPU Riau dinyatakan positif tertular COVID-19.

"Semua komisioner KPU dan staf yang satu kantor dan kontak langsung sudah uji usap tenggorokan tadi, tinggal menunggu hasil," kata Komisioner KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Sabtu (12/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa Ketua KPU Riau menjalani pemeriksaan COVID-19 pada Selasa (8/9) sepulang dari perjalanan dinas di Kabupaten Kepulauan Meranti dan hasil pemeriksaan yang menunjukkan dia positif tertular virus corona keluar pada Jumat pagi (11/9).

Setelah Ketua KPU Riau dikonfirmasi tertular COVID-19, komisioner dan staf komisi pemilihan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus Corona.***