YOGYAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan, memuji langkah Gubernur Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X dalam menangani pandemi Covid-19 di daerahnya.

Hal mendasar dalam kebijakan Sultan yang diapresiasi Syarief adalah prinsip "menjadikan masyarakat sebagai subyek".

"Masyarakat dirangsang kesadarannya akan dampak wabah penyakit itu sehingga mereka sadar sendiri menerapkan protokol kesehatan. Tanpa dikomando, masyarakat memakai masker sendiri," kata Syarief usai mengunjungi Sultan di Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jawa Tengah, Selasa (27/10/2020) kemarin.

Rilis MPR pada Rabu (28/10/2020) menyebut, bahwa pertemuan itu juga telah mengungkap bahwa pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Yogkayarta tak lepas dari kesadaran akan kesehatan ditumbuhkan di tengah masyarakat, selain tentu juga ada upaya nyata lainya dimana masyarakat diberi vitamin dan sebagainya.

Sultan Yogyakarta juga menyerahkan hal-hal tertentu kepada pihak terkait. Misalnya dalam masalah perhotelan, Sultan menyerahkan bagaimana assosiasi terkait menentukan langkah-langkah yang penting agar penularan Covid-19 bisa dicegah. Ini melengkapi model komunkasi terbuka yang dijalin kesultanan dengan berbagai unsur masyarakatnya, dimana input aspiratif dan data bisa mengalir efektif ke pembuatan kebijakan.

"Tidak hanya top down namun juga bottom up," tambahnya.***